Sukses

Minyak Dunia Naik, Bagaimana Harga BBM di 2017?

Apakah harga BBM akan naik, atau turun?

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah kembali akan melakukan evaluasi harga BBM pada akhir bulan ini, untuk kemudian ditetapkan hasil keputusannya pada Januari 2017. Lalu apakah harga BBM akan naik, atau turun?

Ketua Komisi VII DPR RU Satya W Yudha mengungkapkan kemungkinan dari hasil evaluasi yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian ESDM, harga BBM akan naik.

Satya menilai, kenaikan harga BBM ini tidak terlepas dari naiknya harga minyak dunia sebagai dampak dari kebijakan negara-negara anggota OPEC yang sepakat memangkas produksi 1,2 juta barel mulai Januari 2017.

"Iya (bisa naik), karena harga BBM penentuannya mengacu pada Brent dan tidak lagi pada ICP," kata Satya saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (10/12/2016).

Meski begitu, dirinya sudah menganggap kebijakan pemerintah yang mengevaluasi harga BBM setiap 3 bulan tersebut sudah tepat. Dengan demikian, masyarakat Indonesia akan terbiasa dengan mekanisme pasar.

Sementara di kesemapatan terpisah, EVP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro menilai meski harga minyak dunia naik, namun pihaknya mengembalikan keputusan itu kepada pemerintah.

Sebagai perusahaan pelat merah, dikatakan Wianda, Pertamina siap mendukung dan melaksanakan apa yang akan menjadi keputusan pemegang saham.

"Kami akan pantau selalu (harga minyak dunia), mengenai evaluasi sepertinya nanti dari Dirjen Migas yang putuskan," tambah Wianda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini