Sukses

Sosok Mar'ie Muhammad di Mata Pejabat Kemenkeu

Mantan Menteri Keuangan Mar'ie Muhammad tutup usia 77 tahun pada Minggu dini hari 11 Desember 2016.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Menteri Keuangan era Orde Baru, Mar'ie Muhammad tutup usia pada dini hari tadi (11/12/2016). Kepergian sosok yang dijuluki Mr Clean ini meninggalkan duka mendalam bukan hanya bagi keluarga, tapi juga jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Bagi Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kemenkeu, Askolani, Mar'ie Muhammad merupakan pemimpin yang jujur dan berintegritas tinggi. Tak heran bila ia mendapat julukan Mr Clean.

"Beliau (Mar'ie Muhammad) pemimpin yang jujur dan konsisten, serta mempunyai integritas tinggi. Memberikan contoh nyata ke semua pegawai," kata Askolani dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu pagi.

Kesan mendalam terhadap Mar'ie Muhammad pun tertanam di hati Dirjen ‎Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Boediarso Teguh Widodo. Menurutnya, Mar'ie adalah seorang negarawan yang memiliki integritas tinggi, bersih, dan berwibawa.

"Almarhum juga seorang profesional yang bersahaja, patriot sejati, dan pemimpin yang patut diteladani. Kita semua kehilangan salah satu putra terbaik bangsa," dia menerangkan.

Dihubungi terpisah, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Suahasil Nazara juga merasa kehilangan Mar'ie Muhammad sebagai sosok teladan bangsa.

"Almarhum adalah lambang good governance. Julukan beliau sebagai Mr Clean dan sepanjang hayatnya mendorong transparansi," ujar Suahasil.

Clean dan transparansi, lanjut Suahasil, bukan hanya untuk institusi dan pejabat publik, tapi juga untuk swasta dan masyarakat Indonesia. ‎Baginya, Almarhum adalah lambang efisiensi.

"Kita kehilangan lagi panutan bangsa. Nilai-nilai yang beliau wariskan akan terus menjadi inspirasi kita semua. Selamat jalan Pak Mar'ie," Suahasil menuturkan.

Menurut informasi, jasad Mar'ie Muhammad akan di sholatkan sekitar pukul 11.00 WIB di Masjid Al Azhar dan akan dimakamkan di Pemakaman Tanah Kusir, Jakarta.

"Salah satu pesan beliau yang baru saja saya dapat dari keluarga, Pak Mar'ie‎ ingin agar pemakaiannya dilaksanakan sesederhana mungkin," tandas Suahasil yang mengaku sudah melayat ke rumah duka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini