Sukses

Ingin Hemat Saat Libur Pendek? Simak Tipsnya

Perencana Keuangan One Shildt Budi Raharjo menuturkan libur pendek jangan sampai membuat kantong jadi terkuras karena masih ada akhir tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Libur selama tiga hari pada pekan kedua Desember bisa jadi waktu yang dinantikan oleh pegawai. Waktu liburan meski pendek namun dapat dinikmati untuk sejenak lepas dari rutinitas pekerjaan.

Akan tetapi, saat libur awal bulan Desember jangan sampai membuat kocek Anda terkuras. Bila itu terjadi bisa jadi pertengahan bulan kantong Anda sudah tipis. Padahal masih ada libur akhir tahun.

Perencana Keuangan One Shildt Budi Raharjo pun mengingatkan waktu liburan jangan sampai membuat seseorang melanggar anggaran keuangannya. Oleh karena itu, sebaiknya jauh-jauh hari sudah rencanakan kegiatan saat libur terutama long weekend.

"Misalkan rencana liburan pergi ke luar kota. Maka perhitungkan jarak liburan sehingga bisa menentukan apakah menggunakan transportasi jalur darat dan udara. Kalau naik pesawat sebaiknya pesan tiket jauh-jauh hari," tutur dia saat dihubungi Liputan6.com seperti ditulis Minggu (11/12/2016).

Lebih lanjut ia menuturkan, usai menentukan tempat liburan dan transportasi, kemudian pertimbangkan akomodasi. Anda dapat menginap di hotel, dan bisa juga tinggal bersama kerabat. Ini juga dapat meringankan biaya. Lalu perhitungkan juga biaya untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata.

Budi menuturkan, berkunjung ke tempat wisata yaitu museum, tempat bersejarah dan taman dapat menjadi pilihan. Tempat wisata tersebut malah lebih murah sehingga dapat menghemat biaya liburan.Namun, hal itu kembali untuk dana yang memang sudah dianggarkan untuk liburan.

Nah, bagi Anda punya anggaran terbatas dan tak ingin untuk pergi liburan ke luar kota, Budi menyarankan waktu libur terutama long weekend dapat digunakan berkumpul bersama keluarga baik keluarga kecil dan besar.

"Bisa makan malam bersama dan hubungi keluarga dekat. Atau gunakan waktu bercengkerama bersama keluarga," tutur dia.

Bila Anda ingin memanfaatkan liburan untuk pergi ke pusat perbelanjaan, Budi juga menuturkan sebaiknya waspada untuk berbelanja. Apalagi membeli barang tanpa direncanakan. Namun, bila memang belum dapat menahan godaan diskon akhir tahun, Budi menuturkan agar memilih barang-barang yang memang sangat diperlukan.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini