Sukses

Angkutan Laut Tumbuh Tertinggi di Sektor Transportasi pada 2016

Sektor transportasi diperkirakan tumbuh sesuai rata-rata di kisaran 7 persen per tahun di 2016 ini.

Liputan6.com, Jakarta Sektor transportasi menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia setiap tahunnya. Sektor transportasi diperkirakan tumbuh sesuai rata-rata di kisaran 7 persen per tahun di 2016 ini.

Managing Director CORE Indonesia Hendri Saparini mengungkapkan rata-rata pertumbuhan sektor ini dalam tiga kuartal pada tahun ini mencapai 7,7 persen. Ini menjadi tren rata-rata dalam lima tahun terakhir.

"Angkutan laut mengalami pertumbuhan tertinggi yaitu sekitar 12,4 persen. Ini sejalan dengan program tol laut yang digalakkan Presiden Jokowi," kata Hendri yang dikutip Liputan6.com, Senin (12/12/2016).

Meski pertumbuhan paling tinggi, namun dari sisi kontribusi, angkutan udara menyumbang paling besar pada sektor transportasi. Tingginya pertumbuhan angkutan udara tercermin dari peningkatan jumlah penumpang pesawat domestik dan internasional.

Jumlah penunpang domestik, Hendri menyebutkan, pada periode Januari-September tumbuh 17,5 persen. Angka ini jauh di atas pertumbuhan penumpang pesawat internasional yang hanya 6,3 persen.

Dia mengungkapkan peningkatan pengguna pesawat ini tidak terlepas dari daya beli masyarakat menengah ke atas yang terus tumbuh, khususnya untuk bisnis dan wisata.

Sementara itu untuk angkutan kereta api, pertumbuhannya pada tahun depan dipastikan akan lebih tinggi. "Ini ditopang meningkatnya pembangunan infrastruktur, penambahan jumlah volume penumpang dan kenaikan subsidi. Pada APBN 2017 pembangunan rel kereta api ditargetkan ada tambahan 550 km," dia menandaskan. (Yas/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.