Sukses

4 Cara Anda Habiskan Uang Saat Liburan

Ketika liburan telah usai maka Anda baru sadar kalau sudah menghabiskan uang begitu saja saat liburan.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan merupakan hal yang sangat dinanti-nanti oleh semua orang, terutama jika itu adalah libur tahun baru. Uang bonus turun, dapat berkumpul bersama keluarga, dapat pergi ke mana pun sesuka hati untuk menghilangkan penat, tentu menyenangkan bukan?

Akan tetapi, begitu waktu liburan telah usai, Anda menyadari kalau uang makin menipis. Kemudian Anda menyadari dan menyesali  Anda telah menghambur-hamburkan begitu banyak uang saat liburan. Tentu Anda tak mau bukan?

Lalu, sebenarnya hal apa saja yang membuat Anda menyia-nyiakan uang? Melansir laman money.usnews.com, Minggu (1/1/2017), berikut empat cara Anda menyia-nyiakan uang saat liburan:

 

1. Buat keputusan keuangan dengan hati, bukan otak

 Buat keputusan keuangan dengan hati, bukan otak

Sadarkah Anda membuat keputusan keuangan saat liburan berdasarkan kata hati bukan menggunakan pikiran Anda? Anda mengejar liburan yang ideal bagi Anda tanpa memikirkan hal-lain lain.

Sebaiknya, dari sekarang mulailah untuk merencanakan semua liburan dengan dipikirkan matang-matang terlebih dahulu. Pikirkan untung-rugi Anda selama liburan agar Anda tetap dapat menikmati liburan dan uang juga tetap terkontrol.

 

2. Daftar hadiah terlalu panjang

 Daftar hadiah terlalu panjang

Apa Anda ingin disebut sebagai orang yang baik hati dengan memberi semua orang hadiah? Namun bagaimana jika Anda terlihat baik di mata orang lain, tapi sesungguhnya keuangan Anda kurang?

Sebaiknya mulailah memberi hadiah dengan kemampuan secukupnya, jangan berlebihan. Anda bisa jujur dan menjelaskan Anda sedang menghemat uang. Kebanyakan orang mungkin akan memahami keputusan Anda itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terpaku media sosial

3. Terpaku media sosial

 Terpaku media sosial

Sadarkah  media sosial juga bisa menjadi salah satu penyebab Anda menyia-nyiakan uang liburan Anda? Mengapa bisa?

Pada dasarnya manusia memiliki sifat ingin selalu menang dari yang lain. Dengan Anda terus melihat orang-orang terdekat memposting produk-produk baru yang baru mereka beli, tentu hanya akan membuat Anda iri dan tergoda untuk membelinya juga. Dengan begitu, tanpa sadar Anda membeli barang yang tidak  dibutuhkan dan hanya menyia-nyiakan uang.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang jaga hati Anda dari sifat iri. Lebih utamakan barang-barang yang dibutuhkan dahulu daripada barang-barang yang diinginkan. Jika tetap tidak dapat menahan rasa ingin membeli, sebaiknya menghindari media sosial dulu itu lebih baik.

 

4. Membeli hadiah mahal

 Membeli hadiah mahal

Apakah Anda masih berpikir satu-satunya cara membuat orang terkasih bahagia adalah dengan memberinya barang-barang mahal? Jawabannya adalah tidak selalu.

Anda dapat memberikan barang-barang buatan tangan yang jauh lebih berkesan dan tulus kepada orang terkasih, atau Anda dapat memberi barang yang hanya benar-benar dibutuhkan oleh orang terkasih.

Mungkin cara kedua akan lebih memakan waktu, namun tahukah bahwa cara tersebut memiliki banyak kelebihan? Dengan hal tersebut Anda dapat mengurangi stres karena harus membeli dua hadiah dan dapat lebih menghemat uang Anda hingga liburan usai. (Fitriana Monica Sari)

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.