Sukses

5 Makanan Terbaik untuk Otak Anda

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Otak merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Selain itu, otak juga merupakan pusat sistem syaraf yang mengatur pergerakan organ-organ lain di dalam tubuh. Namun, seiring bertambah usia biasanya akan mengalami gangguan pada otak seperti berkurangnya daya ingat.

Untuk mencegah itu, konsumsi makanan yang mengandung gizi baik merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mencegah dan meningkatkan daya ingat. Berikut ini makanan yang bisa Anda konsumsi dan bagus untuk perkembangan otak seperti dikutip Karir.com:

Ikan salmon

Mengkonsumsi ikan salmon memang terbukti banyak manfaatnya. Ikan salmon sendiri mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi yang terbukti bagus untuk otak dan daya ingat Anda. Anda pun juga bisa mencegah penyakit Alzheimer dengan mengkonsumsi ikan salmon.

Kacang-kacangan

Untuk menjaga peredaran darah tetap stabil, Anda bisa jadikan kacang almond dan kenari sebagai cemilan sehari-hari. Telah diketahui bahwa Kacang almond dan kenari juga mengandung nutrisi bagus untuk menyehatkan otak dan meningkatkan daya ingat, yakni omega 3. Selain itu, kacang-kacangan merupakan lemak nabati yang bagus untuk tubuh.

Bayam

Bukan rahasia lagi bahwa sumber vitamin A dan K, mangan, magnesium, folat, serat, protein, dan kalsium ada pada bayam. Bayam juga mengandung antioksidan dan zat besi yang berguna untuk memperlambat penuaan otak dan system syaraf. Kekurangan zat besi dapat mempengaruhi konsentrasi dan melemahkan daya ingat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gandum

Gandum

Mengkonsumsi gandum sangat bagus untuk perkembangan tubuh dan menjaga daya ingat. Gandum mengandung vitamin B6, kaya akan serat dan juga glukosa untuk mencegah penurunan daya ingat.

Kuning telur

Walaupun dikenal karena karena bisa meningkatkan kolestrol,  namun kuning telur juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terlebih untuk perkembangan otak. Kuning telur kaya akan kolin yang dapat membantu dalam perkembangan daya ingat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini