Sukses

Daftar 10 Atlet Terkaya Indonesia, Siapa Jawaranya?

Bukan hanya bisa meraup penghasilan yang cukup besar, seorang atlet berprestasi juga mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja sebagai atlet atau olahragawan memang memberikan kebanggaan tersendiri. Bukan hanya bisa meraup penghasilan yang cukup besar, seorang atlet berprestasi juga bisa mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia.

Dari sekian banyak nama atlet Indonesia yang mampu berjaya di tingkat internasional, sebagian di antara mereka ada yang bisa meraup penghasilan besar berkat kerja kerasnya. Data yang dihimpun dari toprichests.com memperlihatkan 10 nama atlet Indonesia dengan penghasilan terbesar.

Berikut ulasannya dilansir dari laman Toprichests.com, Selasa (13/12/2016)

10. Meiliana Jauhari
Kekayaan: US$ 900 ribu atau Rp 12 miliar (kurs 1 US$ = Rp 13.333)

Meiliana Jauhari merupakan seorang pemain bulu tangkis asal Indonesia. Dara yang memiliki tinggi badan 168 cm ini sudah bertanding di beberapa kejuaraan bulu tangkis ternama seperti BFW Super Series, Indonesian Super Series dan Macau Open. Ia berhasil meraih emas di tahun 2005 di kejuaraan Asian Games.

9. Sony Kuncoro
Kekayaan: US$ 1,1 juta atau Rp 14,6 miliar

Sony Dwi Kuncoro adalah pemain bulu tangkis dari Indonesia. Pada Olimpiade Athena 2004, putra pasangan Mochammad Sumadji dan Asmiati ini merebut medali perunggu di bagian tunggal putra setelah mengalahkan Boonsak Ponsana dari Thailand.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tony Gunawan

8. Tony Gunawan
Kekayaan: US$ 1,3 juta atau Rp 17,3 miliar

Hasil gambar untuk tony gunawan

Nama Tony Gunawan terkenal sebagai seorang pemain bulu tangkis. Ia berhasil meraih medali emas di Olimpiade 2000. Ia juga didapuk sebagai salah satu pemain bulu tangkis terbaik yang dimiliki Indonesia.

7. Markis Kido
Kekayaan: US$ 1,5 juta atau Rp 20 miliar

markis kido

Pemain bulu tangkis lain yang menduduki daftar atlet terkaya Indonesia adalah Markis Kido. Bersama pasangannya Hendra Setiawan, mereka berhasil meraih juara dunia tahun 2007 dan meraih medali emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade Beijing 2008 untuk cabang bulu tangkis ganda putra.

Di partai final pada tanggal 16 Agustus 2008 itu, mereka berhasil menaklukkan pasangan RRC Cai Yun/Fu Haifeng melalui pertarungan sengit tiga set.

6. Bambang Pamungkas
Kekayaan: US$ 5,4 juta atau Rp 72 miliar

Bambang Pamungkas (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Bambang Pamungkas, juga dikenal sebagai Bepe, adalah pemain sepak bola Indonesia yang bermain untuk Persija Jakarta di Liga Super Indonesia dan Tim nasional sepak bola Indonesia.

Saat masih bermain dalam tim remaja Jawa Tengah, ia pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Haornas, sebuah kejuaraan tingkat remaja. Bambang juga pernah menjadi pencetak gol terbanyak untuk skuat Indonesia di Piala Asia U-19 Grup V dengan total perolehan tujuh gol.

3 dari 4 halaman

Alan Budikusuma

5. Alan Budikusuma
Kekayaan: US$ 8,5 juta atau Rp 113 miliar

alan budikusuma

Mantan pemain bulu tangkis peraih medali emas di Olimpiade Barcelona tahun 1992 ini merupakan suami dari atlet bulu tangkis Indonesia, Susi Susanti. Pria 48 tahun ini sudah mulai memegang raket sejak usia 7 tahun.

4. Ellyas Pical
Kekayaan: US$ 9 juta atau Rp 120 miliar

ellyas pical

Petinju kelahiran Saparua, Ambon, 24 Maret 1960 silam itu merebut gelar juara IBF Kelas Bantam Yunior atau kelas super terbang dari lawannya Chun Ju-do. Lewat kepalan tangan Ellyas Pical, tinju Indonesia mulai diperhitungkan dunia.

Rekor karier profesionalnya yaitu meraih 20 kemenangan dengan sebelas di antaranya diraihnya lewat kemenangan knock out (KO), sekali imbang, dan lima kali kekalahan.

Namun sayang, pada 13 Juli 2005, bukan dalam ring tinju, nama Elly justru kembali mencuat lantaran harus berurusan dengan polisi.Suami dari Rina Siahaya Pical dan ayah dari dua putra ini ditangkap polisi karena melakukan transaksi narkoba di sebuah diskotek di Jakarta Pusat.

3. Muhammad Rachman
Kekayaan: US$ 10,5 juta atau Rp 140 miliar

muhammad rachman

Muchammad Rachman dikenal sebagai petinju asal Indonesia. Pada 1991, Rachman berhasil meraih gelar juara nasional kelas terbang mini saat memukul KO juara bertahan Muhammad Sadik.

Kemenangan demi kemenangan diraih Rachman sampai akhirnya promotor kenamaan saat itu, Aseng, menandingkannya di tingkat internasional melawan petinju Filipina, Roger Mananquil. Rachman berhasil memukul KO Mananquil pada ronde kedelapan dan merebut gelar juara IBF Intercontinental (level Asia Pasifik) pada 2000.

4 dari 4 halaman

Taufik Hidayat

2. Taufik Hidayat
Kekayaan: US$ 11 juta atau Rp 146,6 miliar

 taufik hidayat

Taufik mencatatkan namanya sebagai pemain bulu tangkis tunggal putra dengan pukulan smash tercepat yang mencapai 305 km/jam pada semifinal Kejuaraan Dunia 2006 di Madrid. Ia juga dikenal dengan pukulan backhand smash tercepat yang mencapai 206 km/jam.

1. Chris John
Kekayaan: US$ 15 juta atau Rp 200 miliar

 chris john

Yohannes Christian John, atau lebih dikenal sebagai Chris John, adalah seorang petinju Indonesia. Chris John mencatatkan rekor sebagai juara dunia kelas bulu pertama yang berasal dari Indonesia, mencatatkan rekor sebagai petinju kedua terlama yang menjadi juara dunia kelas bulu sepanjang masa.

Dia juga mencatatkan rekor sebagai peringkat kedua dalam daftar petinju yang paling sering mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu sepanjang masa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.