Sukses

5 Jurus Tak Kalap Belanja Online Saat Harbolnas 2016

Berbagai macam barang pilihan bisa dibeli dengan harga murah di ajang Harbolnas 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Mudahnya fasilitas yang ditawarkan serta praktisnya metode yang digunakan membuat belanja online menjadi salah satu gaya hidup masa kini. Banyak orang yang sudah beralih ke internet untuk mencari barang yang mereka inginkan.

Dengan tersedianya berbagai macam barang pilihan yang bisa dibeli dengan harga yang murah, tentu tidak sedikit masyarakat yang sering kalap ketika berbelanja online. Alih-alih menjadi hemat, hal ini malah akan berdampak negatif terhadap kondisi finansial ada.

Namun Anda jangan khawatir. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk terhindar dari hal ini. Melansir Moneycrashers.com, Rabu (14/12/2016) berikut lima caranya:

1. Berhenti berlangganan

Jangan mengklik tombol berlangganan apabila sedang berkunjung pada sebuah toko online. Hal ini akan memicu Anda untuk kembali ke situs tersebut berulang kali. Apabila ini terjadi, Anda pun akan kalap untuk berbelanja online.

2. Buat akun email baru

Beberapa toko online sering mengirimkan notifikasi apabila ada koleksi terbaru. Membuat email baru ini dapat berfungsi agar Anda bisa mengatur hasrat untuk berbelanja. Selain itu, Anda pun terhindar dari notifikasi yang sering dikirimkan situs belanja online.

3. Beri jeda 24 jam sebelum membeli

Sebelum memutuskan membeli barang yang Anda inginkan, cobalah untuk memberi jeda 24 jam terlebih dahulu. Waktu tersebut bisa digunakan untuk memeriksa apakah sebenarnya Anda telah memiliki barang yang fungsinya mirip dengan barang yang akan dibeli. Selain itu, Anda bisa menimbang kembali keadaan finansial Anda.

4. Bandingkan harga

Tidak ada salahnya untuk membandingkan harga di dua situs online yang berbeda. Hal ini perlu dilakukan agar Anda mendapat harga yang paling baik.

5. Manfaatkan diskon

Beberapa toko online terkadang suka memberi diskon di saat-saat tertentu. Anda harus jeli terhadap hal ini. Memanfaatkan diskon bisa membuat Anda belanja lebih hemat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.