Sukses

Distribusi Pasokan Gas PGN Makin Luas ke Sektor Komersial

Pasokan gas PGN membantu sektor komersil mendapatkan bahan baku energi yang mudah dan murah untuk kelangsungan usahanya.

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan jaringan pipa gas PGN di berbagai daerah terbukti bermanfaat bukan hanya untuk pelanggan rumah tangga dan industri, tetapi juga untuk sektor komersil.

Pasokan gas PGN melalui jaringan ini membantu sektor komersil mendapatkan bahan baku energi yang mudah dan murah demi keberlangsungan usahanya.

Seperti disampaikan Sales Area Head PGN Area Bekasi Bambang Purwanto. Ia menuturkan, di Bekasi, sejumlah sektor komersil telah memanfaatkan gas PGN ini, antara lain restoran, pusat belanja, hingga rumas sakit. Untuk restoran misalnya, di sepanjang jalan Kalimalang sudah banyak restoran yang menggunakan gas dari perusahaan pelat merah ini.

"Seperti yang di Giant sudah pakai. Bekasi City Walk sudah pakai, rumah makan yang di sepanjang jalur Kalimalang sudah. Kemudian RS Mitra sudah, RS Hermina sudah," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Sementara itu Sales Area Head PGN Area Surabaya-Gresik Misbachur Munir mengatakan, untuk Surabaya-Gresik sudah ada sekitar 191 usaha yang telah memanfaatkan gas PGN. Khusus untuk Surabaya, hampir semua mal di kota tersebut telah menggunakan gas bumi dari PGN.

"Untuk komersialnya sudah 191 usaha, seperti rumah makan, hotel, laundry, toko roti, rumah sakit, mal. Hampir semua mal di kota Surabaya sudah pakai gas bumi, seperti Tanjungan Plaza, Grand City Mall, Surabaya Plaza itu sudah pakai. Hotel juga sama," jelas dia.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Sales Area Head PGN Area Batam Amin Hidayat. Menurut dia, sejumlah hotel, mal dan laundry di Batam telah menggunakan gas PGN. Ketiga usaha tersebut banyak menggunakan gas untuk operasional usahanya yaitu pemanas air dan memasak.

‎"Untuk memasak, tapi sebenarnya bisa digunakan untuk pemanas air, yang biasanya menggunakan LPG bisa langsung di konversi ke gas bumi. Biasanya dipakai untuk hotel. Laundry juga telah menggunakan. Mal juga‎ sudah untuk tenant dan lain-lain," kata Amin.

Dia menjelaskan, banyak manfaat yang diterima oleh para pelaku usaha yang menggunakan gas PGN. Salah satunya, pelaku usaha tidak perlu repot menyiapkan tempat penyimpanan bahan bakar karena gas yang dipakai dialirkan langsung melalui pipa.

"Kalau pakai gas, kerepotan berkurang dan kenyamanannya bertambah, karena kalau bahan bakar lain butuh storage, kalau gas bumi ini kan langsung pipa, dia juga jadi tidak perlu order kemudian dikirim," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini