Sukses

RI Incar Pasar Buah Tropis di Arab Saudi

Nilai ekspor buah-buahan Indonesia setiap tahun tumbuh signifikan.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia akan mendorong ekspor buah tropis ke Arab Saudi. Negara tersebut menjadi pasar empuk bagi buah asli Indonesia, seperti semangka, anggur, pisang, pepaya, dan melon.

Konsul Jenderal Indonesia-Jeddah M. Hery Saripudin mengungkapkan, dengan iklim 40-43 derajat Celsius, masyarakat Arab Saudi lebih memilih untuk mengkonsumsi buah tropis dibanding buah non-tropis lainnya.

“Masyarakat Arab Saudi gemar mengonsumsi buah-buahan. Apalagi di musim panas yang suhunya bisa mencapai 40-43 derajat Celsius," kata Hery dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Hery menyebut nilai ekspor buah-buahan Indonesia setiap tahun tumbuh signifikan. Pada 2013, Indonesia berhasil mengekspor buah-buahan dengan nilai transaksi perdagangan sebesar US$ 2,73 juta dan meningkat 23,17 persen menjadi US$ 3,36 juta di 2014.

Sedangkan akhir 2015, nilai ekspor buah-buahan meningkat tajam mencapai US$‎ 5,61 juta atau melonjak 66,82 persen dari realisasi 2014.

Sementara itu, Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah, Gunawan, menjelaskan berdasarkan data statistik perdagangan periode 2013-2015, permintaan buah-buahan di Arab Saudi mencapai miliaran dolar.

“Sebagai perbandingan, pada akhir 2015, Arab Saudi mengimpor buah-buahan dari berbagai negara sebesar US$ 1,4 miliar. Sedangkan nilai ekspor buah-buahan Indonesia ke Arab Saudi pada tahun yang sama mencapai US$ 5,61 juta. Ini berarti Indonesia hanya mensuplai 0,39 persen pasar buah-buahan Arab Saudi,” ujar dia.

Dengan kemampuan memasok kurang dari 1 persen, Kelompok Kerja Ekonomi dan Perdagangan KJRI Jeddah akan semakin giat mensosialisasikan peluang ekspor buah-buahan ke Arab Saudi, terutama di daerah penghasil buah-buahan di Indonesia.

Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan produksi sekaligus standar baku kualitas buah-buahan agar mampu memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan Kerajaan Arab Saudi.

“Ke depan, produk buah-buahan Indonesia diharapkan mampu membanjiri  pasar Arab Saudi,” tutur Gunawan. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.