Sukses

Paripurna DPR Sepakati Dua Deputi Gubernur BI

Liputan6.com, Jakarta Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyepakati dua deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk periode 2016-2021. Dua deputi gubernur BI itu antara lain Sugeng untuk menggantikan Ronald Waas dan Rosmaya Hadi menggantikan Hendar.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir menyampaikan hasil pembahasan calon Deputi Gubernur BI dalam rapat paripurna DPR Kamis 15 Desember 2016. Demikian mengutip laman DPR.go.id, Jumat (16/12/2016).

Dalam laporan itu menyepakati dua deputi gubernur BI yaitu Sugeng untuk menggantikan Ronald Waas dan Rosmaya Hadi menggantikan Hendar. Posisi deputi gubernur BI tersebut untuk periode 2016-2021.

Dalam sidang tersebut pun tanpa ada penolakan dan catatan. Para anggota DPR sepakat hasil laporan komisi XI DPR untuk selanjutnya ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Dalam rapat paripurna ini juga dihadiri oleh dua deputi gubernur BI Sugeng dan Rosmaya Hadi.

Sebelumnya Hafisz melaporkan, Komisi XI telah melakukan rapat internal pada 1 November melakukan proses pengambilan keputusan dan disepakati mekanisme pengambilan keputusan dilakukan berdasarkan suara terbanyak.

Setelah dilakukan proses pemungutan dan penghitungan suara terhadap enam calon diperoleh hasil, Sugeng memperoleh 52 suara dan Rosmaya Hadi memperoleh 45 suara.

Komisi XI DPR melakukan proses seleksi berdasarkan surat Presiden Nomor R-64/Pres/10/2016 pada 11 Oktober 2016, perihal usul calon Deputi Gubernur BI dan keputusan rapat Bamus DPR 25 Oktober 2016, Komisi XI DPR diberikan tugas untuk melakukan pembahasan calon deputi gubernur Bank Indonesia.

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2009 dinyatakan calon deputi gubernur BI diajukan dan diangkat oleh Presiden RI dengan persetujuan DPR RI.

Artikel Selanjutnya
364 Anggota DPR Absen Sidang Paripurna
Artikel Selanjutnya
Masa Sidang 2016-2017, DPR Tuntaskan 17 RUU Jadi UU