Sukses

BI Luncurkan 11 Uang Rupiah Baru 19 Desember 2016

Bank Indonesia akan meluncurkan 11 pecahan uang rupiah baru secara serentak pada 19 Desember 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan 11 pecahan uang rupiah baru secara serentak pada 19 Desember 2016. Desain baru tersebut menapilkan gambar pahlawan yang mewakili seluruh wilaya di Indonesia.

Dikutip dari Twitter resmi BI, Jumat (16/12/2016), terdapat 12 gambar pahlawan yang akan menghiasi 11 uang rupiah desain baru tersebut. Hanya ada 11 uang rupiah desain baru karena terdapat satu pecahan yang di dalamnya memuat dua pahlawan. 

Uang Rupiah Baru (Twitter BI).

Gambar Soekarno dan Mohammad Hatta akan terpampang pada pecahan Rp 100 ribu kertas. Selama ini uang Rp 100 ribu kertas memang telah menggunakan gambar kedua pahlawan tersebut.

Djuanda Kartawidjaja, pahlawan yang lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, akan terpampang di uang rupiah baru pecahan Rp 50 ribu kertas. Ia adalah Perdana Menteri Indonesia yang ke-10.

G. S. S. J. Ratulangi atau lebih dikenal dengan Sam Ratulangi yang merupakan Gubernur Pertama Sulawesi, gambarnya akan berada di uang rupiah baru pecahan Rp 40 ribu kertas.

Frans Kaisiepo yang merupakan pahlawan dari Biak, Papua akan berada di uang rupiah baru pecahan RP 10 ribu kertas. Frans adalah guru Taman Siswa yang diasingkan ke Digul, Papua. Frans ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada 14 September 1993.

Pahlawan dari Kalimantan yang merupakan Guru Besar Nahdatul Ulama Idham Chalid akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 5.000 kertas.

Uang Rupiah Baru (Twitter BI).

Selanjutnya adalah Mohammad Hoesni Thamrin. Pahlawan Perintis Revolusi Kemerdekaan Indonesia yang lahir di Jakarta ini akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 2.00 kertas.

Pahlawan wanita Tjut Meutia yang merupakan pahlawan pejuang kemerdekaan pada zaman kolonial Belanda dari tanah Aceh akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 1.000 kertas.

Uang Rupiah Baru (Twitter BI).

Sedangkan Mr I Gusti Ketut Pudja, pahlawan yang ikut serta dalam penyusunan naskah proklamasi akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 1.000 logam.

Selanjutnya adalah TB Simatupang pada Rp 500 logam , Tjiptomangunkusumo pada Rp 200 logam dan Herman Johannes pada Rp 100 logam.

Uang Rupiah Baru (Twitter BI).

(Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini