Sukses

Daftar Pahlawan di Uang Rupiah Baru yang Meluncur 19 Desember

Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan uang rupiah baru pada 19 Desember 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan uang rupiah baru pada 19 Desember 2016. Penerbitan uang rupiah baru tersebut sebagai implementasi dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

Dikutip dari Twitter resmi BI, Jumat (16/12/2016), uang rupiah baru ini antara lain akan menampilkan gambar pahlawan yang mewakili seluruh wilayah di Indonesia.

Terdapat 12 pahlawan dalam uang rupiah baru tersebut. Namun, hanya akan ada 11 uang rupiah baru yang meluncur pada Senin pekan depan. Hal tersebut terjadi karena ada satu pecahan yang menampilkan dua pahlawan.

Rinciannya, berikut ini 12 pahlawan yang akan muncul di uang rupiah baru:

1. Soekarno dan Mohammad Hatta

Kedua proklamator ini akan terpampang di dalam uang rupiah baru pecahan Rp 100 ribu kertas. Dalam pecahan RP 100 ribu yang beredar saat ini juga telah terpampang gambar kedua pahlawan ini.

2. Djuanda Kartawidjaja

Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 14 Januari 1911 ini akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 50 ribu kertas.

Uang Rupiah Baru (Twitter BI).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sam Ratulangi

3. Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi

Pahlawan nasional yang lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi ini akan terpampang dalam uang rupiah baru pecahan Rp 20 ribu kertas.

4. Frans Kaisiepo

Pria kelahiran Biak, Papua, pada 10 Oktober 1921 ini merupakan pahlawan kemerdekaan Indonesia. Wajah dari Frans akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 10 ribu kertas.

5. Idham Chalid

Idham Chalid merupakan pahlawan dari Kalumantan Selatan. Ia merupakan politikus yang cukup berpengaruh. Idham Chalid menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Indonesia pada kabinet Djuanda. Wajah Idham Chalid akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 5 ribu kertas.

Uang Rupiah Baru (Twitter BI).

3 dari 4 halaman

Thamrin

6. Mohammad Hoesni Thamrin

Selain namanya terpampang sebagai jalan utama di Jakarta, wajah Mohammad Hoesni Thamrin juga akan terpampang di uang rupiah baru pecahan Rp 2.000 kertas. Ia adalah perintis Revolusi Kemerdekaan Indonesia.

7. Tjut Meutia

Tjut Meutia adalah pahlawan nasional dari Pirak, Aceh Utara. Ia menjadi pahlawan nasional Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 107/1964 pada tahun 1964. Gambar Tjut Meutia akan hadir di di uang rupiah baru pecahan Rp 1.000 kertas.

8. I Gusti Ketut Pudja

Ia ikut serta dalam perumusan negara Indonesia melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mewakili Sunda Kecil atau saat ini Bali dan Nusa Tenggara. Gambar I Gusti Ketut Pudja akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 1.000 logam.

Uang Rupiah Baru (Twitter BI).

4 dari 4 halaman

TB Simatupang

9. TB Simatupang

Tahi Bonar Simatupang atau yang lebih dikenal dengan nama T.B. Simatupang merupakan Letnan Jenderal TNI yang diangkat sebagai pahlawan nasional pada 8 November 2013. Gambarnya akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 500 logam.

10. Tjipto Mangunkusumo

Tjipto Mangunkusumo adalah seorang tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia. Bersama dengan Douwes Dekker dan Ki Hajar Dewantara, ia dikenal sebagai Tiga Serangkai. Gambar Tjipto Mangunkusumo akan terpampang di uang rupiah baru pecahan Rp 200 logam.

11. Herman Johannes

Herman Johannes adalah cendekiawan, politikus, ilmuwan Indonesia, guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Pahlawan Nasional Indonesia. Ia akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 100 logam.

Uang Rupiah Baru (Twitter BI).(Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini