Sukses

Cara Beramal Saat Tidak Punya Uang

Sejak kecil kita pasti diajarkan untuk memberi pada sesama dan membantu orang yang kurang beruntung.

Liputan6.com, Jakarta Sejak kecil kita pasti diajarkan untuk memberi pada sesama dan membantu orang yang kurang beruntung. Tapi ada kalanya kita benar-benar tidak punya uang dan justru butuh bantuan orang lain.

Belajar dari pepatah ‘Lebih baik tangan di atas daripada tangan di bawah’, Anda bisa tetap beramal di saat tidak punya uang. Yuk, berbuat baik dengan cari berikut ini, seperti mengutip Cekaja.com, Minggu (18/12/2016).

1. Mendonasikan baju

Banyak baju bekas yang masih layak pakai? Anda bisa memberikannya langsung pada orang yang ingin Anda bantu.

Atau Anda juga bisa memberikannya pada yayasan yang memang punya program jual beli barang second yang hasil keuntungannya 100% digunakan untuk amal.

Mau jual barang bekas sendiri juga boleh. Apalagi sekarang ini sudah banyak situs jual beli barang bekas. Lebih mudahnya, pajang saja di akun Instagram Anda. Siapa tahu teman terdekat justru berminat. (Baca juga: Mengenal Fenomena Bisnis Baru Jual Beli Barang Preloved)

2. Mendonasikan buku dan mainan

Buku cerita sewaktu kecil, buku pelajaran, dan buku-buku bacaan lainnya bisa sangat berguna bagi adik-adik di daerah yang kesulitan.

Daripada berdebu di rumah, lebih baik disumbangkan untuk kemajuan pendidikan.

Kalau tidak menemukan yayasan yang menampung buku-buku, sumbangkan saja ke panti asuhan di sekitar Anda. Anak-anak panti asuhan juga akan senang menerima mainan.

3. Donor darah

Bahkan jika Anda bangkrut secara finansial, Anda masih memiliki hal berharga di dalam tubuh Anda berupa darah. Dengan mendonorkan darah, Anda dapat menyelamatkan nyawa seseorang yang kritis.

Donor darah hanya butuh kira-kira sejam. Satu kantong bisa untuk menyelamatkan tiga nyawa. Datangi rumah sakit terdekat untuk menjadi pendonor rutin.

4. Berlari

Penggemar olahraga pasti akan menyukai pilihan ini. Anda bisa bergabung dengan Run for Charity. Setiap pelari yang ikut serta dalam Jakarta Marathon dan tergabung dalam tim Run for Charity akan menggalang dana untuk berbagai isu sosial.

5. Menggunakan keahlian

Punya keahlian mengajar, menjahit, merajut, atau membuat prakarya? Gunakan keahlian Anda untuk membantu sesame. Anda bisa mengajar anak-anak yang kurang mampu di rumah singgah. Bisa juga mengajarkan cara menjahit atau membuat prakarya pada ibu-ibu rumah tangga sehingga mereka mandiri secara ekonomi. (Baca juga: Punya Tabungan 100 juta Habis dalam Sehari, Ini Sebabnya)

6. Menjadi relawan

Ini adalah cara termudah membantu sesama. Jika tidak punya uang atau keahlian, Anda masih bisa menyumbangkan tenaga dengan menjadi relawan. Rasakan kebahagiaan saat orang lain tersenyum kareba bantuan Anda.





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini