Sukses

3 Trik Sukses Berbisnis buat Perempuan

Berikut tiga tips untuk membantu perempuan sukses menjalankan bisnisnya.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini banyak perempuan yang telah berkontribusi dan sukses dalam segala bidang, tak terkecuali dalam hal berbisnis. Hal ini pun akan berdampak positif bagi perekonomian.

Di Amerika Serikat (AS) berdasarkan data biro sensus AS terbaru, disebutkan  bisnis yang dimiliki perempuan adalah salah satu segmen yang tumbuh paling cepat dan meningkat 83 persen dari tahun 1997 hingga 2012.

Di Indonesia seperti kita ketahui, jumlah perempuan, yang memiliki bisnis juga semakin menjamur, hal ini pun membuat lebih banyak kesempatan bagi perempuan untuk berhasil dan berkembang.

Untuk membantu perempuan sukses dalam menjalankan bisnisnya, berikut ini ada tiga tips yang bisa dilakukan seperti dilansir laman the spectrum, Sabtu (17/12/2016):

1. Membangun jaringan yang kuat

Mempunyai sistem jaringan yang kuat dalam menjalankan usaha merupakan aset besar untuk pemilik bisnis. Jika Anda serius dalam berbisnis namun menyadari bahwa jaringan belumlah banyak, tidak ada salahnya mengikuti seminar-seminar bisnis yang diselenggarakan di tempat Anda tinggal, dari sana Anda akan berkenalan da menemui banyak orang yang juga mempunyai tujuan yang sama.

Selain itu bergabunglah dengan organisasi bisnis wanita atau grup bisnis di media sosial yang terpercaya. Organisasi-organisasi ini biasanya memang didedikasikan untuk membantu wanita yang ingin sukses menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka. Hal ini juga bermanfaat untuk memiliki hubungan yang kuat dengan para pebisnis lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cari Dukungan Lembaga Bisnis Terkait

2. Mempelajari lebih lanjut tentang pilihan pembiayaan bisnis

Pemilik bisnis memiliki banyak pilihan pembiayaan untuk menjalankan bisnisnya dan hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan saat memulai usaha. Pilihan dengan menggunakan tabungan atau kredit pinjaman di bank ketika digunakan secara bertanggung jawab, maka akan berdampak baik bagi bisnis Anda.

Selain itu, pelajari juga bagaimana mengelola fluktuasi arus kas, dan cara mengejar peluang untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis yang sedang dijalani saat ini.

3. Mencari dukungan dari lembaga bisnis terkait

Jika sudah terjun berbisnis, Anda tahu ini merupakan pasar yang kompetitif. Bila ingin usaha Anda berjalan dengan lancar adalah dengan mendapat dukungan dari banyak pihak, salah satunya lembaga bisnis terkait.

Carilah lembaga yang yang bisa menaungi dan menjamin usaha Anda bisa terus berjalan, sehingga hal ini akan lebih memudahkan Anda, misalnya ada gangguan yang tiba-tiba datang dan Anda tidak siap, lembaga ini akan membantu mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi

Ada banyak yang bisa dipelajari dari banyak pengusaha wanita yang sukses saat menjalankan bisnisnya. Memang tidak ada satupun resep yang dikhususkan untuk sukses, namun tiga tips yang diuraikan di atas tentu dapat membantu wanita meniti jalan untuk menuju kesuksesan dalam berbisnis.​


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.