Sukses

6 Cara Cerdas Belanja Hemat Saat Natal

Berbelanja pasti akan mengikis uang dan tabungan yang Anda punya. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap hemat.

Liputan6.com, Jakarta Hari natal dan musim liburan yang sebentar lagi akan tiba banyak dimanfaatkan orang untuk belanja dan membeli berbagai hadiah. Tak jarang, sebagian orang juga menggunakan momen ini untuk berburu kado natal untuk diberikan bagi orang tersayang.

Berbelanja pasti akan mengikis uang dan tabungan yang Anda punya. Namun jangan khawatir, tetap ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kegiatan belanja saat natal bisa tetap hemat.

Melansir Lifehack.org, Sabtu (17/12/2016) berikut ulasannya.

1. Gunakan aplikasi diskon

Cobalah unduh aplikasi toko favorit Anda. Biasanya, pihak toko akan memberikan diskon tambahan bagi Anda yang berbelanja lewat aplikasi.

2. Mendaftarkan email ke beberapa toko favorit

Ada toko yang menawarkan diskon khusus bagi pelanggan yang tergabung dalam website resmi mereka. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menghemat anggaran belanja.

3. Berbelanja di awal waktu

Beberapa toko mematok harga yang lebih murah saat Anda berbelanja jauh sebelum hari natal tiba. Ketika Anda menunda waktu belanja, maka jangan menyesal kalau Anda harus membayar lebih mahal dibanding saat di awal musim liburan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bedakan keinginan dan kebutuhan

4. Bedakan keinginan dan kebutuhan

Apa yang Anda inginkan dan apa yang Anda butuhkan merupakan dua hal yang berbeda. Sebelum membeli sebuah barang, pikir lagi apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut atau hanya menginginkannya.

5. Beli barang yang bisa dipakai dalam jangka waktu lama

Saat musim liburan tiba, banyak toko yang menawarkan produk spesial natal dan liburan. Kalau bisa, tahan diri Anda untuk tidak tergiur hal ini. Coba carilah barang yang bisa dipakai dalam waktu lama, bukan yang bisa bertahan saat musim liburan saja.

6. Buat anggaran

Terakhir, jangan lupa untuk menulis daftar barang yang ingin Anda beli sebelum pergi berbelanja. Hal ini dilakukan agar Anda tidak kalap dan tetap tau prioritas apa yang harus didahulukan saat belanja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.