Sukses

Pertama dalam Sejarah RI, Uang Rupiah Baru Rilis Serentak

Gubernur BI Agus Martowardojo menuturkan pengeluaran uang rupiah baru untuk wujudkan mata uang yang bermartabat dan berdaulat.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) secara resmi telah meluncurkan 11 uang rupiah baru pada Senin (19/12/2016). Pecahan uang rupiah baru ini dikeluarkan secara serentak.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, pengeluaran uang baru ini merupakan momen spesial bagi Indonesia. Lantaran baru kali ini BI mengeluarkan pecahan baru secara serentak.

"Pengeluran pengedaran momen spesial, pertama kalinya dilakukan serentak sejak Indonesia merdeka," kata dia saat peluncuran uang baru di Gedung BI, Jakarta, Senin (19/12/2016).

Dia mengatakan, pengeluaran uang baru ini ditujukan sebagai upaya mewujudkan mata uang yang bermartabat dan berdaulat. Terlebih, rupiah ialah simbol kedaulatan negara. "Rupiah adalah simbol kedaulatan negara yang dihormati," ujar dia.

Dia mengatakan, dengan adanya uang baru ini maka uang yang sebelumnya tetap berlaku. Asal, ujar dia, uang itu tidak ditarik peredarannya oleh BI. Lantaran Pasalnya, pemerintah memberikan restu penggunaan gambar pahlawan pada uang rupiah tersebut.

"Kami mengaturkan terimakasih pada Presiden atas persetujuan pemerintah gambar pahlawan nasional pada uang baru," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.