Sukses

Presiden Jokowi Resmi Luncurkan Uang Rupiah Baru

Terdapat 11 mata uang rupiah Emisi 2016 dengan gambar pahlawan baru yang diluncurkan Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan uang rupiah baru dengan tahun emisi 2016 di Gedung Bank Indonesia pada hari ini. Dalam pelucurannyan Jokowi meminta kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kecintaannya terhadap rupiah.

Menurut Jokowi, dengan mencintai rupiah maka menjadi wujud kecintaan masyarakat terhadap kedaulatan dan kemandirian bangsa. Untuk itu, dia meminta untuk menjaga dan tidak menghina rupiah.

"Dan saya rasa penting, kalau kita cinta rupiah, kita tidak menyebar gosip aneh-aneh dan kabar bohong tentang rupiah. Karena menghina rupiah sama saja menghina Indoensia. Rupiah tidak akan digantilan dan tidak akan tergantikan," kata Jokowi di Gedung Bank Indonesia, Senin (19/12/2016).

Jokowi mengungkapkan alasan mengapa uang rupiah baru ini dicetak dengan menampilkan gambar pahlawan, pemandangan beberapa wilayah Indonesia, dan tari-tarian adat, yaitu sebagai bentuk karakterisitik sebuah bangsa.

Tak hanya itu, untuk meningkatkan kedaulatan rupiah, Jokowi juga meminta kepada masyarakat untuk menggunakan rupiah baik dalam bertransaksi‎ ataupun menabung di perbankan dalam negeri.

"Setiap lembar rupiah bukti kemandirian Indoensia, kemandirian ditengah ekonomi dunia," tegas Jokowi.

Seperti diketahui, terdapat  11 mata uang rupiah Emisi 2016 dengan gambar pahlawan baru yang diluncurkan Jokowi.

Uang rupiah baru yang diluncurkan tersebut terdiri dari tujuh pecahan uang rupiah kertas dan empat pecahan uang rupiah logam. uang rupiah baru ini akan menampilkan 12 gambar pahlawan nasional.

Uang rupiah kertas yang diterbitkan terdiri dari nilai nominal Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sedang uang rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.