Sukses

Gandeng BUMN Bank, KAI Luncurkan Kartu Pembayaran Railpay

Dirut KAI Edi Sukmoro menuturkan, railpay merupakan uang elektronik dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh KAI untuk pelanggannya.

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI](2669728 "") meluncurkan produk terbarunya berupa kartu pembayaran dan membership bernama Railpay. Kartu ini akan memberikan kemudahan bagi para pengguna kereta api dalam bertransaksi seperti untuk pembelian tiket.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, Railpay merupakan uang elektronik dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh PT KAI untuk para pelanggannya yang mencakup membership dan loyalty program. Dalam pembuatan kartu Railpay tersebut, KAI menggandeng BNI, Bank Mandiri, dan BRI sebagai bentuk sinergi BUMN.

"Cukup dalam satu kartu tersebut, pelanggan akan dimanjakan dengan berbagai macam fungsi bertransaksi. Selain untuk alat bayar, alat transaksi, dan identitas member KAI, Railpay dapat digunakan sebagai Tiket Transportasi Antar Moda (Titam), yaitu pembelian tiket KA jarak jauh yang dilanjutkan dengan pembelian tiket pesawat, pembelian tiket kapal laut, maupun pembelian tiket Bus Damri," ujar dia di Stasiun Juanda, Jakarta, Senin (19/12/2016).

Di kawasan perkotaan, lanjut Edi, Railpay bisa juga dipakai untuk bertransaksi di KRL Jabodetabek, KA Bandara, bus (Transjakarta, Transjogia, Batik Solo Trans), LRT, dan pembayaran jalan tol.

Tidak hanya itu, pengguna dapat memanfaatkan Railpay untuk pembayaran parkir (Res Parking dan 188 Parking), BBM (SPBU Pertamina), belanja di Sarinah dan toko retail (Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo, toko retail dan lainnya), dan pembayaran tagihan (PLN, Telkom, Indovision, First Media).

"Sinergi BUMN dalam bentuk kartu Railpay ini merupakan upaya untuk memberikan kemudahan konektivitas intermoda transportasi serta kemudahan bertransaksi secara cashless di sektor transportasi dan sektor lainnya hanya dengan satu kartu," kata dia.

Selain Direksi KAI, turut hadir pula dalam peluncuran kartu tersebut yaitu Menteri BUMN Rini Soemarno, Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas, Direksi BNI, Bank Mandiri, dan BRI serta BUMN lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.