Sukses

Kenalkan Uang Baru, Gubernur BI Beli Sepotong Kemeja di Blok M

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo langsung melakukan sosialisasi uang baru di Blok M Square, Jakarta, pada Senin siang ini. BI baru merilis 11 uang rupiah pecahan baru yang terdiri atas tujuh uang kertas dan empat uang logam.

Agus tiba di lokasi sekitar pukul 11.30 WIB dengan mengenakan kemeja berwarna putih. Baru saja tiba, Agus langsung menerangkan kepada masyarakat yang berbelanja bahwa BI baru saja meluncurkan uang baru.

Agus mengatakan uang baru ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi. "Kita pengamannya antara 9-12 jenis pengaman, dari benang, warna, semua ada," kata dia di Blok M Square, Jakarta, Senin (19/12/2016).

Tak hanya sekadar memberikan penjelasan kepada masyarakat, Agus juga langsung menggunakan alat pembayaran yang baru tersebut. Dia menyempatkan diri membeli kemeja seharga Rp 400 ribu.

Tak hanya membeli kemeja, Agus juga menyempatkan diri untuk membeli cendera mata berupa kerajinan perak. Kerajinan itu dibeli dengan harga Rp 300 ribu.

"Saya bayar pakai uang baru ya, baru diedarkan. Kalau ini uang lama, tapi masih berlaku. Kalau ini uang baru, baru saja dikeluarkan uang baru oleh Presiden," ujar dia sambil menunjukkan uang tersebut.

Agus mengatakan, kendati BI meluncurkan uang baru namun uang yang lama masih bisa digunakan. "Uang beredar yang ada di dompet semua masih berlaku," ujar dia. (Amd/Nrm)