Sukses

BI Luncurkan Uang Rupiah Baru, Ini Kata Bos BRI

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) secara resmi meluncurkan satu seri uang rupiah tahun emisi (TE) 2016. Uang baru tersebut disebut memiliki tingkat pengamanan yang lebih kuat untuk menghindari peredaran uang palsu.

Direktur Utama BRI Asmawi Syam mengatakan, pergantian seri fisik uang merupakan suatu yang rutin dilakukan dalam sebuah negara. Hal ini dilakukan untuk mengganti fisik uang yang sudah lusuh dengan tampilan desain yang lebih baru.

"Dengan adanya uang baru ini, sesuatu hal yang rutin dilakukan di suatu negara untuk mengganti uangnya. Uang baru ini sangat bermanfaat untuk refreshing dari fisik uangnya sendiri," ujar dia di Stasiun Juanda, Jakarta, Senin (19/12/2016).

Asmawi juga menyambut baik desain baru yang lebih banyak menampilkan gambar pahlawan nasional. Menurut dia, hal ‎sebagai bentuk apresiasi negara terhadap jasa para pahlawannya.

"Yang baru ini memunculkan pahlawan. Ini ada apresiasi juga terhadap seni indonesia. Ya, kita menghargai pahlawan," kata dia.

Sementara terkait dengan tingkat pengamanan, Asmawi yakin uang baru ini akan lebih aman dan sulit dipalsukan. Sebab, setiap pergantian seri uang biasanya diiringi dengan peningkatan teknologi pengamanannya.

"Makin baru suatu produk, keamanannya lebih canggih karena ditemukan suatu teknologi yang lebih up to date yang lebih modern, sehingga keamanannya akan lebih baik dibandingkan yang sebelum-sebelumnya. Itu rumusnya," ujar dia.

Artikel Selanjutnya
ATM Bank BUMN Digabung, RI Bisa Selamatkan Rp 3 Triliun per Tahun
Artikel Selanjutnya
BI Imbau Masyarakat Tak Sebar Hoax soal Rupiah