Sukses

Kenal Lebih Dekat 4 Sosok Pahlawan di Uang Rupiah Logam Baru

Keberadaan uang rupiah baru ini juga sebagai bentuk penghormatan akan jasa-jasa pahlawan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) baru saja merilis 11 uang rupiah pecahan baru. Tidak hanya uang kertas, BI juga merilis uang baru dalam bentuk logam. Sejumlah gambar tokoh pahlawan pun menghiasi uang-uang logam tersebut.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, makna dari peluncuran uang baru tersebut di antaranya ialah menjaga ketersediaan uang di masyarakat. Kemudian, menjaga kualitas uang rupiah.

"Kualitas uang rupiah perlu dijaga dan dirawat baik. Menjaga rupiah sama artinya dengan jaga simbol kedaulatan negara," kata dia seperti ditulis di Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Bukan hanya itu, adanya uang rupiah baru ini juga sebagai bentuk penghormatan akan jasa-jasa pahlawan RI.

"Penggunaan gambar pahlawan, pemandangan alam adalah bentuk penghormatan jasa pahlawan dan lebih memperkenalkan keragaman seni budaya dan kekayaan alam Indonesia," ujar dia.

Lantas, siapa saja tokoh-tokoh pahlawan yang menghiasi pecahan uang logam? Berikut rinciannya

1. I Gusti Ketut Pudja

Dia adalah tokoh yang ikut serta dalam perumusan negara Indonesia melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mewakili Sunda Kecil atau saat ini Bali dan Nusa Tenggara. Gambar I Gusti Ketut Pudja menghiasi uang rupiah baru logam pecahan Rp 1.000.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. TB Simatupang


2. TB Simatupang

Tahi Bonar Simatupang atau yang lebih dikenal dengan nama TB Simatupang merupakan Letnan Jenderal TNI yang diangkat sebagai pahlawan nasional pada 8 November 2013. Gambarnya menghiasi uang rupiah baru logam pecahan Rp 500.

3. Tjipto Mangunkusumo

Tjipto Mangunkusumo adalah seorang tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia. Bersama dengan Douwes Dekker dan Ki Hajar Dewantara, dia dikenal sebagai Tiga Serangkai. Gambar Tjipto Mangunkusumo terpampang di uang rupiah baru logam pecahan Rp 200.

4. Herman Johannes

Herman Johannes adalah cendekiawan, politikus, ilmuwan Indonesia, guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Pahlawan Nasional Indonesia. Dia menghiasi uang rupiah baru logam pecahan Rp 100.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini