Sukses

PLN Perkuat Listrik di Kalimantan Selatan dan Tengah

PLN akan melistriki 112 desa di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dengan tambahan pasokan listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem kelistrikan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng) akan  mendapatkan tambahan pasokan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pulang Pisau Unit 2 sebesar 60 Mega Watt (MW).

General Manager PLN Kalimantan Tengah Kalimantan Selatan,Purnomo‎ mengatakan, PLTU yang dibangun dengan investasi sebesar Rp 1,9 triliun di Desa Buntoi, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah sendiri mempunyai daya terpasang sebesar 2 x 60 MW.

"PLTU Pualang Pisau unit 2 ini, menyusul‎ PLTU unit 1 yang dibangun sebelumnya," kata Purnomo, di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Purnomo menuturkan, PLTU Pulang Pisau Unit 2 saat ini hampir menyelesaikan tahapan tes akhir. Meski begitu daya listrik yang dihasilkan sudah dapat dipasok ke sistem kelistrikan Kalselteng.

Penambahan daya tersebut otomatis akan memperkuat sistem kelistrikan Kalselteng, untuk diketahui daya mampu kedua provinsi tersebut sebesar 550 MW dengan Beban Puncak tertinggi 530 MW. Dengan masuknya PLTU Pulang Pisau Unit 2, maka daya mampu meningkat menjadi 600 MW.

Pembangkit baru yang juga telah beroperasi adalah Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai 155 MW.

Dengan penyelesaian pembangunan transmisi 150 kilo Volt (kV) dari Gardu Induk (GI) Bangkanai ke GI Muara Teweh dan ke GI Buntok, saat ini pembangkit berbahan bakar gas tersebut telah dapat menyuplai listrik 47 MW untuk kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara dan Kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan.

PLN saat ini juga terus bekerja keras mempercepat penyelesaian pembangunan jaringan transmisi 150 kilo Volt (kV) yang menghubungkan Kota Buntok ke Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong.

Apabila pembangunan tersebut telah selesai, daya listrik yang dihasilkan PLTMG Bangkanai dapat masuk ke sistem interkoneksi Kalselteng, sehingga secara keseluruhan akan berdampak meningkatnya pasokan listrik bagi masyarakat Kalselteng.

"Bertambahnya daya mampu listrik otomatis akan memperkuat kemampuan PLN untuk menyambung listrik secara masif, sejalan dengan telah dibukanya penyambungan pelanggan baru. Hal ini sesuai dengan komitmen PLN untuk melistriki desa-desa terpencil," ujar dia.

Selain itu, hingga saat ini PLN telah berhasil melistriki 27 desa di Kalimantan Selatan dan 6 desa di Kalimantan Tengah melalui program listrik desa.

PLN juga akan menyambung tambahan listrik di 28 desa di Kalimantan Selatan dan 51 desa di Kalimantan Tengah. Total PLN akan melistriki 112 desa untuk kedua provinsi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini