Sukses

Reaksi Masyarakat soal Uang Baru

Setelah dua hari peluncurannya, sebagian besar masyarakat ternyata masih belum memiliki pecahan uang baru.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) meluncurkan 11 uang baru yang terdiri atas tujuh uang kertas dan empat uang logam pada Senin pekan ini. Setelah dua hari peluncurannya, sebagian besar masyarakat ternyata masih belum memiliki pecahan uang baru yang berlatar belakang gambar pahlawan tersebut.

Seperti diungkapkan pedagang makanan dan minuman di kawasan Lapangan Banteng Jakarta, Herman (28), yang mengaku belum mendapatkan uang tahun emisi 2016 itu.

Namun, dia mengaku telah mengetahui tentang keberadaan uang baru tersebut. "Belum dapat, sudah tahu dari berita kemarin-kemarin," kata dia kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Hingga kini ia mengaku belum sama sekali menerima transaksi dari pecahan uang baru. Sejauh pengamatannya, desain uang baru baru ini lebih menarik. Bahkan, dia menyebut uang tersebut mirip dengan yuan, mata uang China.

"Bagus sih, kayak uang China kayaknya. Banyak pahlawannya, familiar, tapi belum lihat jelas, gambar doang," ujar dia.

Senada, karyawan salah satu perusahaan kreatif, Zen Marten (26), juga mengaku belum memiliki uang tersebut.

Dia menilai uang baru ini memiliki desain yang sederhana. "Keunggulannya simple, kayak mata uang luar," ujar dia.

Gambar uang ini dinilai lebih baik dibandingkan yang sebelumnya. Apalagi, BI menyematkan tokoh pahlawan yang lebih banyak. "Pahlawannya antimainstream, menambah pengetahuan baru," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.