Sukses

4 Langkah Optimalkan Portofolio Kartu Kredit

Memilih kartu kredit yang salah dapat menghabiskan biaya yang cukup banyak.

Liputan6.com, Jakarta - Sekarang ini, mendapatkan kartu kredit cukup mudah. Kita hanya tinggal datang ke bank, dan mulai untuk mengajukan kartu kredit tersebut. Saat pertama kali menggunakan kartu kredit, mungkin Anda pernah merasa bahwa kartu kredit yang dipilih ini kurang tepat dalam memenuhi kebutuhan.

Memilih kartu kredit yang salah dapat menghabiskan biaya yang cukup banyak. Namun, jika menggunakan kartu kredit yang sesuai kebutuhan, maka keuntunganlah yang bisa Anda dapatkan.

Mengoptimalkan kartu kredit, dapat dilakukan dengan mengganti kartu kredit lama yang sering membuat Anda rugi dengan biaya-biaya tambahan yang ada. Setelah menggantinya dengan kartu kredit baru, yang sesuai kebutuhan, siapa tahu suku bunga kredit pada kartu kredit yang baru lebih kecil.

Tentunya hal ini akan membawa dampak yang baik bagi keadaan keuangan. Selain mengganti kartu kreditnya, berikut ini ada 4 langkah yang dapat ditempuh untuk mengoptimalkan kartu kredit seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Tentukan Jenis Kartu Kredit yang Sesuai Penggunaan

Penting untuk memilih kartu kredit yang sesuai dengan penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya ada 3 kategori kartu kredit yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut 3 kategori tersebut:

• Kartu kredit berhadiah, dipilih untuk anda yang selalu menjaga keseimbangan, agar selalu melunasi saldo kredit setiap bulannya
• Kartu kredit suku bunga rendah, dipilih untuk anda melakukan pembayaran minimum setiap bulannya.
• Kartu kredit yang bersuku  bunga rendah dan juga berhadiah

2. Membandingkan Pasar Kartu Kredit

Memilih kartu kredit juga harus yang sesuai dengan keadaan pasaran kartu kredit saat ini. Kartu Kredit yang biasanya banyak digunakan sebagian orang adalah kartu yang memberikan banyak promo menarik, serta mengadakan program cashback dan rewards khusus untuk pengguna setianya.

Mereka juga memilih kartu kredit yang suku bunganya rendah, dengan alasan saat melakukan pembayaran, cicilannya ringan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kartu Kredit Baru

3. Menambahkan Kartu Kredit Baru

Jika sudah menggunakan kartu kredit saat ini, dan kartu tersebut cukup membantu proses transaksi, optimalkan dengan cara menambah kartu kredit yang baru.

Misalnya Anda sudah memiliki kartu kredit di Kategori 1, mungkin Anda bisa menambah kartu kredit dengan kategori 2. Memiliki kartu kredit sebanyak 2 buah kartu, tentunya bukan merupakan batasan dari pihak perbankan. Yang terpenting, Anda memperhitungkan dulu pendapatan yang ada, sebelum mengambil keputusan ini.

4. Buang Kartu Kredit yang Tidak Terpakai

Mungkin Anda sudah memiliki banyak kartu kredit yang sesuai kebutuhan saat ini. Setelah itu, saatnya untuk membuang kartu kredit lama yang sudah tidak terpakai lagi.

Buang kartu kredit yang memiliki biaya tahunan dengan nilai yang tidak optimal. Kartu kredit yang baru tentunya akan lebih optimal dibanding kartu kredit lama Anda.

5. Bersihkan Kartu Kredit yang Tidak Memberikan Keuntungan Bagi Anda

Segera ganti kartu kredit lama Anda, apalagi yang selalu membebankan banyak biaya dengan nilai yang tidak optimal. Ganti dengan kartu kredit yang baru, dengan suku bunga rendah dan yang banyak menawarkan promo serta cashback dan berbagai point rewards yang menguntungkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini