Sukses

Mendag: Stok dan Harga Pangan Akhir Tahun Aman

Mendag Enggartiasto Lukita memastikan harga bahan pangan pada akhir tahun tidak akan mengalami kenaikan signifikan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memastikan harga sejumlah bahan pangan pada akhir tahun tidak akan mengalami kenaikan yang signifikan. Ini dikarenakan stok seluruhnya aman untuk 3-4 bulan ke depan.

Berhasilnya pemerintah dalam menjaga harga ini merupakan hasil kerjasama dengan beberapa pihak, termasuk para asosiasi pedagang yang mendukung upaya pemerintah dalam menjaga inflasi.

"Kondisinya saat ini dipastikan harga dan stok aman. Ini hasil kerjasama dengan seluruh pihak, terutama keberhasilan Kementerian Pertanian itu sendiri yang mampu meningkatkan produksi dari para petani," kata Mendag di kantornya, Jumat (23/12/2016).

‎Disebutkannya, seperti halnya beras. Enggar mengungkapkan dari beberapa stok yang ada dalam datanya, baik di gudang-gudang Perum Bulog ataupun di Pasar Induk Cipinang, semua memiliki stok sekitar 4 bulan.

Selain beras, Gula juga dinyatakan oleh Mendag aman. Diungkapkannya, stok gula nasional tercukupi untuk kebutuhan 4 bulan ke depan. Untuk menjaga itu, bahkan akan ada kesepakatan dengan para distributor untuk menerapkan Harga Eceran Tertinggi‎ (HET).

Sedangkan untuk harga cabai, dipaparkan Mendag kecenderungan justru mengalami penurunan. Ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan pasokan dan perbaikan distribusinya.

"Ada kenaikan itu di harga minyak goreng sejak 1-2 minggu lalu. Tapi kita sudah panggil, saya minta mereka tidak naikkan lagi harganya," tegas Enggar.

Untuk menjaga ketersediaan pasokan di lapangan, Enggar juga memerintahkan ke beberapa Eselon I nya untuk sering-sering terjun ke lapangan‎ demi memantau langsung harga-harga kebutuhan pokok tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.