Sukses

Tips Berlibur Tanpa Bikin Keuangan Carut Marut

Kesulitan keuangan setelah liburan salah satunya disebabkan karena tidak adanya dana yang disiapkan khusus untuk liburan.

Liputan6.com, Jakarta - Berlibur adalah kegiatan menyenangkan yang biasa dilakukan untuk mengisi waktu libur dan juga sebagai sarana pelepas stres. Harapannya, setelah kembali dari liburan maka badan dan pikiran akan segar kembali, sehingga siap untuk bekerja dengan produktif.

Namun adakalanya bahwa setelah liburan, Anda malah terbebani oleh kondisi keuangan yang limbung akibat banyaknya pengeluaran saat liburan dan tagihan yang mulai berdatangan.

Agar liburan tidak menimbulkan masalah, maka Anda perlu menerapkan tips berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com:

a. Mulai menabung

Kesulitan keuangan setelah liburan salah satunya disebabkan karena tidak adanya dana yang disiapkan khusus untuk liburan, sehingga kegiatan berlibur akhirnya mengambil dana dari pos lain.

Untuk itu, cara yang paling sederhana untuk menyiapkan dana liburan adalah dengan menabung. Tentukan kapan Anda ingin berlibur dan berapa dana yang harus ditabung setiap bulannya mulai dari sekarang.

Bila tidak mempunyai target waktu tertentu, maka Anda dapat menabung berdasarkan kondisi keuangan dan prioritas kebutuhan

b. Buat daftar kebutuhan

Rencanakanlah liburan dari jauh hari, agar dapat mempersiapkan daftar kebutuhan Anda. Catatlah secara terperinci agar tidak ada kebutuhan yang terlewat dan Anda dapat mempersiapkan dana dengan tepat.

Ada cukup banyak pos kebutuhan dalam liburan, misalnya biaya transportasi, akomodasi, konsumsi, hingga biaya untuk masuk ke tempat wisata tertentu.

Untuk biaya transportasi dan akomodasi, dengan mencatat dari jauh hari maka Anda juga berpeluang untuk mendapatkan promo tertentu yang menawarkan harga jauh lebih murah dari biasanya.

Dengan membuat perencanaan daftar kebutuhan sejak jauh hari, Anda dapat mempersiapkan pula dananya dengan cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agen perjalanan

c. Menggunakan agen perjalanan

Banyak orang yang berpikir bahwa untuk menghemat biaya maka perlu melakukan perjalanan sendiri atau dengan cara backpacker. Hal ini memang tidak sepenuhnya salah.

Namun lebih cocok dilakukan bila Anda sudah cukup menguasai mengenai tempat tujuan tersebut dan sudah melakukan survei yang mendalam.

Mengatur perjalanan sendiri lebih rumit karena Anda harus menyusun jadwal, mempelajari rute transportasi, dan mengatur konsumsi sendiri. Anda harus menghitung detil kebutuhan anggaran hingga ke pos-pos terkecil.

Bila belum berpengalaman dalam melakukan hal ini, bisa saja bukan penghematan yang didapat namun justru kebingungan dan malah menghabiskan biaya yang lebih banyak. Belum lagi dengan waktu yang terbuang karena harus mencari jalan atau tempat tertentu.

Solusinya, Anda dapat menggunakan jasa agen perjalanan yang memberi kemudahan karena mereka yang mengurus berbagai hal mulai dari akomodasi, transportasi, konsumsi, hingga rute dan jadwal perjalanan.

Agen perjalanan biasanya bekerja sama dengan tempat tujuan wisata sehingga mereka bisa mendapat tarif lebih murah dibanding dengan wisatawan perorangan.

Selain itu, agen perjalanan saat ini juga banyak yang menawarkan paket ekonomis, sehingga dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin berlibur dengan hemat.

3 dari 3 halaman

Uang berlebihan

d. Tidak membawa uang berlebihan

Bawalah uang secukupnya sesuai dengan perkiraan dan lebihkan 10% untuk biaya tidak terduga. Dengan membawa uang terbatas, maka lebih mudah untuk tersadar dan mengontrol pengeluaran.

Hindari untuk menggunakan kartu kredit atau meminjam dari teman kecuali benar-benar membutuhkan. Pinjaman tentu harus Anda lunasi ketika kembali sehingga bila tidak dikontrol dengan bijaksana akan membuat kesulitan di kemudian

e. Membatasi belanja

Saat berlibur tentu akan banyak menjumpai benda khas atau oleh-oleh yang menarik, namun kendalikanlah agar tidak melebihi anggaran Anda.

Begitu pula untuk keperluan oleh-oleh, jangan sampai memaksakan dana Anda untuk membelikan oleh-oleh bagi seluruh teman atau relasi.

Anda dapat mengakalinya dengan cara memberikan per kelompok sehingga meminimalisir pengeluaran.

Pikirkan Juga Keuangan Sesudah berlibur

Pengaturan keuangan untuk liburan membutuhkan perencanaan yang matang dan semakin awal Anda merencanakan, maka akan mudah untuk dilaksanakan.

Tentunya liburan yang menyenangkan bukan hanya saat berlibur, tetapi saat kembali pun Anda tidak terbebani oleh tagihan atau kondisi keuangan yang seret, sehingga dapat benar-benar fokus untuk kembali bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.