Sukses

4 Cara Cepat Menambah Penghasilan Tanpa Korupsi

Sayangnya untuk menambah penghasilan tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Liputan6.com, Jakarta - Di tahun baru 2017, penghasilan pun baru. Maksudnya kalau bisa penghasilan Anda lebih besar dari tahun sebelumnya. Keinginan seperti ini tentu sangat baik, menandakan Anda selalu berusaha lebih baik dari sebelumnya.

Sayangnya untuk menambah penghasilan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu usaha yang tidak mudah. Juga butuh waktu dan kiat khusus. Anda mesti menempuh beberapa cara agar memiliki penghasilan yang lebih baik dari sebelumnya.

Yang pasti, untuk menambah penghasilan tinggi, bukan dengan cara melakukan korupsi di kantor ataupun di instansi pemerintah. Berikut ini kiat  mudah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penghasilan Anda tahun depan, dari Halomoney.co.id.

Meminta Kenaikan Gaji

Cara pertama yang mudah dilakukan ialah mengusulkan kenaikan gaji di kantor, jika kamu seorang pegawai. Kenaikan gaji ini bisa menjadi cara kamu untuk menaikkan penghasilan tahun depan jika keuntungan perusahaan tahun ini meningkat signifikan, berdasarkan laporan keuangan tahunan yang biasanya dikeluarkan pada awal tahun.

Kamu bisa meminta waktu kepada atasanmu untuk membicarakan tentang pendapatmu untuk meminta kenaikan gaji. Tentu disertai dengan alasan bahwa kinerjamu cukup baik sepanjang tahun lalu sehingga atasanmu mempertimbangkan permintaanmu untuk meminta kenaikan gaji.

Baca juga: Inilah Kartu Kredit Terbaik untuk Wisata dan Belanja 2017

Pindah kerja

Jika kamu merasa kinerjamu sudah cukup baik, dan permintaamu kepada atasan untuk menaikkan gaji belum tercapai, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk pindah kerja ke perusahaan lain.

Pindah kerja bisa menjadi cara alternatif untuk menaikkan penghasilan dengan cukup signifikan dari penghasilanmu sebelumnya. Cara ini sering ditempuh oleh para pekerja baru atau fresh graduate dengan pengalaman di bawah tiga tahun.

Namun sebelum memutuskan pindah kerja ke tempat lain, baiknya kamu pertimbangkan dengan masak bersama keluarga atau pasangan. Bandingkan kelebihan dan kekurangan di perusahaan tempat kamu bekerja saat ini dengan perusahaan yang akan jadi tempat barumu.

Misalnya dari sisi fasilitas kesehatan, iuran pensiun, bonus, dan kelangsungan usaha. Jika memang di perusahaan baru penghasilanmu bertambah signifikan, tidak salah jika kamu memutuskan untuk pindah kerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usaha Sampingan

Usaha Sampingan Online

Upaya mendapatkan penghasilan bulanan juga dapat dilakukan dengan mengerjakan pekerjaan sampingan. Apalagi jika waktu kerjamu saat ini relative longgar dan santai. Pekerjaan sampingan ini bisa dikerjakan di sela-sela waktu luang dan di akhir pekan saat kamu libur.

Kini kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis online terbuka lebar. Kamu bisa berjualan di marketplace sesuai dengan minat dan hobimu. Jika kamu hobi dengan wisata dan jalan-jalan, kamu bisa berjualan perlengkapan wisata. Saat ini bisnis online sangat prospektif seiring dengan terus bertambahnya pengguna internet di Indonesia.

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan tinggi dengan cepat ialah mendirikan usaha sendiri. Keputusan menjadi pengusaha mandiri memiliki risiko tinggi, namun juga berpotensi memberikan gain atau keuntungan tinggi dalam waktu cepat.

Sebab sebagai pemilik perusahaan, kamu akan mendapatkan penghasilan lebih besari dari laba perusahaan. Jika sebelumnya penghasilanmu sudah ditentukan oleh perusahaan setiap bulan, kini kamu memiliki kesempatan tidak terbatas untuk meningkatkan penghasilan melalui perusahaan.  

Sebaiknya kamu pelajari dulu usaha apa yang paling prospektif untuk dilakukan. Setelah itu pertimbangkan pasar dan keunggulan perusahaan yang akan kamu dirikan dibandingkan dengan pesaing.

Jika analisa pasar dan persiapan pendirian perusahaan sudah kamu lakukan dengan baik, kini saatnya kamu menjalankan perusahaanmu dengan profesional. Jangan lupa terus belajar dan berkembang agar perusahaanmu juga ikut berkembang.

Baca juga: Saatnya Kamu Mengevaluasi Kondisi Keuangan 2016

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.