Sukses

Sebaiknya Beli Mobil atau Rumah Dulu?

Dilema yang cukup banyak dihadapi oleh kaum dewasa muda yang belum mempunyai mobil atau rumah pribadi.

Liputan6.com, Jakarta - Dilema yang cukup banyak dihadapi oleh kaum dewasa muda yang belum mempunyai mobil atau rumah pribadi adalah pilihan antara membeli mobil atau rumah dulu.

Pilihan ini juga banyak dihadapi oleh para pasangan muda, mengingat kedua kebutuhan ini memang cukup penting. Namun keduanya juga membutuhkan anggaran yang relatif lebih besar dibanding kebutuhan-kebutuhan lain.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, tentu ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan, mulai dari faktor kebutuhan, kondisi keuangan, dan juga perencanaan ke depan.

Untuk lebih detail, maka mari kita bahas satu per satu seperti dikutip dari Cermati.com:

Mobil dulu

Pertimbangan membeli mobil dulu dimulai dengan mempertimbangkan seberapa besar kebutuhan Anda akan mobil. Apakah mobil tersebut digunakan hanya untuk mobilitas atau untuk mencari penghasilan tambahan?

Bila mobil tersebut digunakan untuk mobilitas, maka pelajari juga apakah Anda dapat menggunakan alternatif pengganti. Yang dimaksud alternatif pengganti di sini contohnya seperti fasilitas antar jemput yang disediakan kantor, atau mungkin dengan angkutan umum.

Bila sebagian besar mobilitas Anda hanya ke tempat kerja, maka mungkin dapat dipertimbangkan untuk menggunakan angkutan umum saja. Bagi Anda yang menduduki jabatan cukup tinggi atau berkinerja baik, mungkin tersedia fasilitas mobil bagi Anda.

Coba pelajari dan tanyakan kepada bagian yang terkait mengenai fasilitas yang bisa didapatkan.

Bila mobil itu dimaksudkan sebagai sumber penghasilan, maka pelajari dan hitung dengan cermat mengenai potensi keuntungan yang bisa didapatkan.

Apakah dapat menutup cicilan dan juga biaya perawatan yang timbul?  Bila memang peran mobil sebagai sumber penghasilan dapat memberikan potensi hasil yang cukup baik, maka tidak ada salahnya untuk membeli mobil dahulu.

Selain kebutuhan, Anda juga perlu mengecek kondisi keuangan dan juga harga mobil yang ingin dibeli. Apakah dana Anda sudah cukup untuk membayar uang muka dan juga cicilannya?

Anda juga perlu mempertimbangkan rencana ke depan. Misalnya bila akan mencari tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja, apakah kebutuhan mobil tersebut masih sangat penting?

Dari pertanyaan dan berbagai pertimbangan di atas, Anda dapat mengetahui apakah sebaiknya membeli mobil dulu atau tidak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rumah dulu

Rumah dulu

Hal pertama yang harus dilakukan tentu dengan melihat seberapa penting kebutuhan akan rumah. Apakah memang harus mencari tempat tinggal baru dengan segera atau hanya sebagai investasi?

Bagi pasangan baru, pertimbangkan apakah dapat tinggal di rumah mertua atau orang tua untuk sementara waktu. Bila kebutuhan rumah memang sudah sangat mendesak, maka tidak ada salahnya untuk membeli rumah terlebih dahulu.

Hal berikutnya yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah kondisi keuangan. Nilai rumah biasanya berkali lipat lebih besar daripada mobil, sehingga dibutuhkan dana yang lebih besar dan juga cicilan yang harus dibayar juga cukup besar.

Hitung dengan cermat kemampuan Anda dalam membayar uang rumah dan cicilan tersebut. Pastikan agar tidak mengganggu kebutuhan lain yang juga penting.

Tak lupa, sesuaikan juga dengan perencanaan ke depannya, apakah Anda memang sudah berencana menetap di tempat tersebut atau masih ada kemungkinan untuk pindah?

Bila sudah mantap untuk menetap, maka Anda dapat membeli rumah sebagai tempat tinggal permanen di tempat tersebut. Pilihan untuk membeli mobil atau rumah dulu kembali pada kebutuhan masing-masing.

Namun yang perlu diingat, pembelian tersebut juga membawa konsekuensi bagi keuangan Anda, sehingga pilihan apa pun yang diambil pastikan bahwa keuangan Anda sudah siap untuk berbagai pengeluaran yang diperlukan.

Ada baiknya bila mobil atau rumah yang dibeli dapat dimanfaatkan untuk memberikan penghasilan tambahan, sehingga dapat membantu Anda dalam membayar cicilan.

3 dari 3 halaman

Pertimbangkan dengan Matang



Pertimbangkan dengan Matang Sebelum Memilih

Dari segi nilai, memang rumah lebih cenderung naik dibandingkan dengan mobil, sehingga rumah memberikan manfaat berupa peningkatan nilai aset di masa depan.

Hanya memang nilai rumah pada umumnya lebih besar daripada mobil sehingga Anda perlu menyiapkan dana lebih besar untuk uang muka maupun cicilan.

Bagaimanapun juga, membeli mobil atau rumah terlebih dahulu memerlukan pertimbangan yang lengkap dan kompleks.

Semoga dengan pertanyaan dan penjelasan di atas dapat memberi pencerahan agar dapat lebih mudah menentukan mana yang harus dibeli terlebih dulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.