Sukses

Meski Salah, Cara Menabung Seperti Ini Sering Kita Lakukan

Susah payah menabung tapi hasilnya tidak kunjung bertambah? Tenang saja, Anda tidak sendirian.

Liputan6.com, Jakarta - Susah payah menabung tapi hasilnya tidak kunjung bertambah? Tenang saja, Anda tidak sendirian. Mungkin ada yang salah dengan cara menabung Anda.

Ada banyak cara mudah untuk mengganti kebiasaan buruk Anda soal menabung. Dengan menjalankan strategi berikut, Anda akan terkejut dengan begitu cepatnya tabungan bertambah.

Apa saja? Simak ulasannya seperti dikutip dari CekAja.com:

Kesalahan: Punya target terlalu tinggi tanpa adaptasi

Ketika berencana menabung, Anda pasti berpikir untuk memangkas segala pengeluaran. Cara ini memang sepertinya masuk akal. Anda memangkas biaya-biaya yang tidak diperlukan lalu menaruhnya di tabungan.

Sempurna bukan? Namun cara ini bisa menggagalkan sebagian orang dalam menabung.

Sama halnya dengan diet, menabung juga butuh penyesuaian. Kalau terlalu memasang target tinggi, bisa-bisa Anda frustrasi dan mudah menyerah. Misalnya ketika Anda menyetop semua biaya minum kopi di kafe, Anda mungkin merasa sengsara. Akhirnya tekad menabung pun goyah karena tidak terbiasa.

Cara menabung yang benar: Realistis

Lebih mudah menargetkan jumlah yang ditabung sehari daripada seminggu. Misalnya Anda hanya perlu menyisihkan Rp 10.000 sehari daripada pasang target Rp 100.000 per minggu. Buat target realistis dan disesuaikan dengan kondisi Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potong anggaran bergaul


Kesalahan: Memangkas anggaran beraktivitas dan bersosialisasi

Anda mungkin berpikir cara agar tabungan cepat bertambah adalah dengan memangkas semua aktivitas yang menyenangkan. Misalnya nongkrong di kafe, nonton bioskop, atau makan bersama teman-teman.

Risikonya, hiburan jadi berkurang dan Anda merasa terisolasi. Padahal Anda masih tetap bisa menabung sambil bersenang-senang. (Baca juga: Gaji Selalu Habis Sebelum Akhir Bulan, Pakai Trik Menabung Ini)

Cara menabung yang benar: Cari cara murah murah untuk bersosialisasi

Daripada memangkas semua pengeluaran untuk bersosialiasi, cobalah mencari alternatif cara yang lebih murah. Misalnya daripada makan di luar, undang teman untuk memasak bersama di rumah dan patungan membeli bahan-bahan. Kalau Anda rutin ke bioskop seminggu sekali, pangkas jadi hanya dua minggu sekali.

Olahraga bersama juga menjadi cara mudah untuk bersosialisasi. Misalnya lari pagi bersama teman, melakukan yoga dengan tutorial Youtube, dan sebagainya.

3 dari 4 halaman

Memangkas pengeluaran



Kesalahan: Memangkas pengeluaran

Banyak orang menabung dengan cara memangkas pengeluaran saja. Tapi daripada stres karena harus bertahan dengan uang yang sedikit, gunakan energi Anda untuk menambah penghasilan.

Karena ketika budget semakin ketat, Anda akan semakin dibatasi. Otak Anda akan selalu berpikir, “Aku tidak punya uang.”

Cara menabung yang benar: Menambah penghasilan

Berbisnis kecil-kecilan dapat membantu Anda menambah penghasilan. Anda tidak perlu memangkas pengeluaran, tetapi keuntungan bisnis inilah yang bisa Anda tabung.

4 dari 4 halaman

Tak bawa uang tunai



Kesalahan: Tidak perlu membawa uang tunai sehingga tidak akan tergoda untuk menghabiskannya.

Membawa uang tunai sama dengan boros. Pola pikir ini memang tidak sepenuhnya salah. Tapi kalau Anda tetap membawa kartu kredit dan kartu debit, tetap saja Anda akan tergoda untuk belanja. Justru pengeluaran kartu kredit dan karti debit ini sulit terkontrol. (Baca juga: Sering Lupa? Ini Tips Supaya Kamu Selalu Ingat Menabung)

Cara menabung yang benar:

Alokasikan anggaran harian dan belanjalah dengan membawa uang tunai secukupnya. Ketika uang tunai di dompet sudah habis, makan Anda dilarang belanja lagi.

Tentu saja menggunakan kartu kredit juga ada untungnya terutama bagi orang yang pandai mengatur pengeluaran. Selain bisa mendapatkan diskon (yang artinya belanja Anda bisa semakin murah), Anda juga bisa mendapatkan poin reward, serta membangun riwayat kredit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.