Sukses

Kaleidoskop Bisnis September: Serba-serbi Uang Rupiah

Bank Indonesia pernah mengeluarkan mata uang dengan pecahan yang cukup besar, Rp 750 ribu.

Liputan6.com, Jakarta - Pada medio September kemarin, Bank Indonesia (BI) mengumumkan akan mengeluarkan uang rupiah baru. Penerbitan uang Rupiah baru yang diberi nama Uang NKRI tersebut sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang (UU Mata Uang).

Uang rupiah baru tersebut mulai pecahan Rp 100 ribu kertas yang merupakan pecahan terbesar dan pecahan Rp 100 logam yang merupakan pecahan terkecil. Total, 11 uang rupiah baru diterbitkan. Terdapat 12 gambar pahlawan yang menghiasi uang rupiah baru tersebut.

"Penggunaan dua belas gambar pahlawan nasional tersebut bertujuan untuk lebih mengenalkan pahlawan nasional kepada masyarakat, menumbuh kembangkan semangat kepahlawanan, kepatriotan, kejuangan, serta sikap keteladanan bagi setiap orang dan mendorong semangat melahirkan karya terbaik bagi kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara," kata Direktur Departemen Komunikasi BI Arbonas Hutabarat‎.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas menyatakan ada sejumlah perbedaan ‎desain antara uang rupiah yang saat ini beredar dengan uang baru yang akan dicetak baru oleh perusahaan BUMN, Perum Peruri atas pesanan BI.

Pertama, gambar pahlawan untuk uang kertas pecahan Rp 50 ribu hingga uang logam Rp 100. "Lalu bedanya dengan uang lama, nanti yang baru itu ada frasa (tulisan) Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Ronald.

Sedangkan perbedaan ketiga, uang rupiah yang baru nantinya akan ditandatangani oleh Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardoyo dan Menteri Keuangan‎ Sri Mulyani. Uang sebelumnya di tandatangani oleh Gubernur BI dan Deputi Gubernur BI. Keempat, akan tercantum tahun cetak dan emisi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pecahan terbesar

Pecahan Rp 750 Ribu

Bicara mengenai uang rupiah, selama ini kita mengenal pecahan Rp 100 ribu sebagai pecahan mata uang paling besar yang diedarkan oleh Bank Indonesia. Asal diketahui, Bank Indonesia pernah mengeluarkan mata uang dengan pecahan yang cukup besar, Rp 750 ribu.

Tak tanggung-tanggung, pecahan besar ini dibuat dari bahan dasar emas dengan kadar 23 karat. Dengan bahan emas ini, maka uang ini dibuat dengan model koin.

Namun perlu dicatat, uang ini diproduksi khusus, tidak untuk diedarkan. Uang khusus ini‎ dinamakan Uang Khusus Seri Perjuangan Angkatan 45 yang masuk dalma emisi tahun 1990.

Nama tersebut dinamai "Uang Khusus Seri Perjuangan Angkatan 45" yang diterbitkan pada tahun emisi 1990. Uang tersebut berbahan logam emas warna kuning emas dengan kadar 23 karat. Berat uang Rp 750 ribu tersebut 45 gram dengan garis tengah 35 mm, ketebalan 3,1 mm, dan teknik cetak proof.

3 dari 3 halaman

Terkeren

Rupiah termasuk uang terkeren

Dolar dan euro bisa jadi menjadi mata uang paling kuat di dunia, berdasarkan nilai. Tapi negara-negara lain unggul urusan desain uang kertas.

Salah satunya Indonesia, yang ternyata adalah salah satu negara dengan memiliki desain uang kertas yang terbaik. Selain itu juga ada negara seperti Uni Emirat Arab, Honduras, juga Qatar dan negara lainnya.

Pecahan rupiah manakah yang termasuk dalam salah satu uang dengan desain terbaik? Adalah pecahan Rp 10.000 yang bergambar rumah tradisional Palembang, Sumatera Selatan, rumah Limas.

Rumah Limas tersebut terdapat di Museum Balaputra Dewa atau lebih dikenal dengan nama Museum Negeri Sumatera Selatan. Rumah tersebut berada di bagian paling belakang Museum Balaputra Dewa yang beralamat di jalan Srijaya Negara I Nomor 288, Palembang. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.