Sukses

Solarin, Ponsel Mewah Anti Sadap Seharga Rp 222 Juta

Untuk melindungi dari serangan cyber, ponsel ini menggunakan chip standar militer untuk perlindungan komunikasi

Liputan6.com, Jakarta Dibalik mahalnya sebuah barang, pasti ada alasan mengapa produk tersebut dibanderol dengan harga selangit. Hal itulah yang dicoba ditawarkan oleh ponsel satu ini. Diberi nama Solarin, ponsel pintar satu ini dibanderol dengan harga US$ 16.500 atau setara dengan Rp 222 juta.

Melansir laman Sirinlabs.com, Jumat (30/12/2016), ponsel ini didapuk sebagai perangkat teraman di dunia. Untuk melindungi dari serangan cyber, Solarin memakai teknologi dari perusahaan bernama Zimperium.

Mereka bermitra juga dengan KoolSpan, perusahaan spesialis keamanan suara dan pesan, dalam membuat chip standar militer untuk perlindungan komunikasi.

Fitur keamanan itu tidak on sepanjang waktu. Untuk mengaktifkannya, pengguna harus menekan tombol security switch di casing belakang. Kemudian setelah ditekan, Solarin diklaim akan menjadi sangat aman untuk berkomunikasi. Ponsel ini dibuat oleh perusahaan Startup Sirin Labs. Perusahaan tersebut didirikan oleh Tal Cohen dan Fredrik Oijer. 

Salah satu fitur yang menarik dari smartphone Solarin adalah, mampu berubah ke mode cybersecure, dimana pada mode ini smartphone hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan keluar dan mengenkripsi semua pesan dan data yang ada pada ponsel. Bahkan pada mode ini nantinya para pengguna dapat mematikan beberapa fungsi hardware yang tidak dikehendaki.

Selain fitur keamanan tingkat tinggi, ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera canggih 24 megapiksel. Bobot ponsel ini sekitar 250 gram dan menggunakan piranti lunak Android.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.