Sukses

Berapa Pesawat dan Helikopter yang Telah Diproduksi PT DI?

‎Perlahan tapi pasti, industri pesawat terbang Indonesia terus mengalami perkembangan.

Liputan6.com, Jakarta ‎Perlahan tapi pasti, industri pesawat terbang Indonesia terus mengalami perkembangan. Salah satunya ditandai dengan eksistensi PT Dirgantara Indonesia (DI) yang terus memproduksi berbagai macam jenis pesawat terbang dan helikopter.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini PT DI merupakan satu-satunya industri pesawat terbang di Asia Tenggara. Dan sejak 1976 hingga saat ini, sudah lebih dari 180 pesawat terbang yang telah dibuat dan diserahkan kepada penggunanya.

"Pesawat-pesawat tersebut terdiri dari Pesawat CN 235, CN 295 dan NC 212. Di antara pesawat yang paling banyak diproduksi PT DI adalah pesawat NC 212," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Selain pesawat, perusahaan plat merah tersebut juga telah memproduksi dan menjual lebih dari 200 helikopter.‎ Helikopter yang dibuat oleh PT DI antara lain AS550, Bell 412EP, AS565 MBE, dan Superpuma.

"Dalam kurun waktu yang sama, PT DI telah mengirim lebih dari 200 helikopter," kata dia.

Ke depannya, Airlangga berharap PT DI terus meningkatkan ‎jenis dan kualitas pesawat terbang yang diproduksinya. Dengan demikian, semakin banyak pesawat terbang buatan anak bangsa yang digunakan bukan hanya di dalam negeri tapi juga oleh negara lain.

“Kami berharap di tahun selanjutnya, PT DI dapat meningkatkan jumlah produk pesawat dan helikopter yang di-delivery baik di dalam maupun luar negeri sekaligus dapat meningkatkan diversifikasi produk sesuai dengan kebutuhan pasar,” tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini