Sukses

Genjot Kinerja, BTN Gandeng 7 BUMN

Beberapa fasilitas yang diberikan BTN dari kemitraan ini seperti kredit atau pembiayaan serta jasa layanan dana.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggandeng 7 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) demi menggenjot kinerja. Ini juga bertujuan mempererat sinergi antar badan usaha pelat merah serta meningkatkan penghimpunan dana dan penyaluran kredit perseroan.

Ketujuh BUMN yang menjalin sinergi dengan BTN yakni PT Bukit Asam (Persero) Tbk. (PTBA), PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) (Indonesia Re), PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. (PTPP), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM), Perum Perumnas (Persero), dan BPJS Ketenagakerjaan.
 
“Hal ini juga sejalan dengan arahan Menteri BUMN untuk meningkatkan sinergi antar BUMN,” jelas Direktur Utama Bank BTN Maryono di Kementerian BUMN, Kamis (29/12/2016).

 
Dari sinergi ini, akan ada puluhan ribu orang yang berpotensi mendapatkan berbagai fasilitas dari Bank BTN. Penerima manfaat itu terdiri dari 21.250 karyawan 7 BUMN yang meneken kemitraan dengan Bank BTN dan 20 ribu peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan debitor potensial.
 
Beberapa fasilitas yang bisa diperoleh dari kemitraan ini seperti kredit atau pembiayaan, jasa layanan dana, hingga jasa perbankan lainnya oleh Bank BTN. Fasilitas kredit pun beragam, mulai dari kredit ringan hingga kredit pemilikan rumah (KPR).
 
Selain itu, kerja sama Bank BTN dengan PTPP dan Perumnas pun bakal mengerek naik pasokan rumah sebesar 46.600 unit setiap tahunnya. Peningkatan ini, dalam rangka memenuhi target Program Sejuta Rumah dan mengurangi angka backlog.
 
Maryono melanjutkan, dalam jangka panjang, kerja sama ini juga bermanfaat bagi peningkatan kredit dan penghimpunan dana perseroan. “Ini sejalan dengan strategi kami untuk terus mencatatkan pertumbuhan bisnis yang saat ini masih berada di atas industri perbankan nasional,” tambah Maryono.
 
Adapun, MoU yang digelar BTN, di antaranya dengan PTBA tentang Pemanfaatan Produk, Jasa, dan Fasilitas Perbankan. Kemudian dengan Indonesia Re tentang Penyediaan Jasa Layanan Perbankan, PNM tentang Sinergi Bisnis BUMN dalam Rangka Memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan dengan Perumnas tentang Sinergi dalam Rangka Kerja Sama Mendukung Program Sejuta Rumah.

Selain itu, Bank BTN dengan Semen Indonesia tentang Rencana Kerja Sama Layanan Perbankan dan Pemasaran Bersama, dan dengan PTPP tentang Sinergi Layanan Perbankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BTN adalah BUMN yang bergerak di bidang jasa keuangan perbankan.

    BTN

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN