Sukses

Mau Nabung Buat Jalan-jalan di 2017? Ikuti Tips Ini

Bila Anda berencana melakukan perjalanan di tahun depan, maka mulai dari sekarang Anda sudah harus menabung.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2017 sudah di depan mata. Bila Anda berencana melakukan perjalanan di tahun depan, maka mulai dari sekarang Anda sudah harus berhemat serta mempersiapkan segala sesuatunya.

Melansir laman Travelerstoday, ada beberapa tips berhemat saat ingin melakukan perjalanan di tahun 2017 yang bisa dilakukan, berikut penjelasannya:

1.  Buat rekening tabungan terpisah

Saat ingin bepergian ke tempat yang jauh dan membutuhkan banyak biaya, sebaiknya bukalah rekening tabungan baru dan terpisah dari rekening tabungan yang sudah Anda miliki saat ini, usahakan yang bisa memotong otomatis uang Anda setiap bulannya.

Akan lebih baik jika jenis tabungan ini hanya menggunakan buku tabungan dan tidak dibuatkan ATM, sehingga menghindari untuk pengambilan uang sewaktu-waktu. Selain itu jika Anda memiliki penghasilan tambahan atau bonus, cobalah menambahkannya ke rekening ini.

2. Cari kerjaan sampingan

Anda dapat gunakan keahlian dan kemampuan yang dimiliki untuk bekerja sambilan demi menambah biaya perjalanan. Di jaman serba digital, Anda dapat memanfaatkan berbagai situs untuk menghasilkan uang.

Misalnya, jika Anda hobi menulis, menggambar, menulis musik atau  desain web, Anda dapat mencari situs untuk pekerjaan ini sesuai dengan keterampilan yang dipunya. Jadilah kreatif dan bisa menghasilkan uang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prioritas



3. Prioritaskan apa yang terpenting saat bepergian

Tentukan dulu apa yang paling penting bagi Anda saat bepergian nantinya, atau kira-kira apa pengalaman yang ingin Anda miliki. Misalnya, jika Anda adalah tipe orang yang ingin mengunjungi museum, maka prioritaskanlah anggaran untuk ini, dan kurangi anggaran untuk kuliner ke tempat tertentu.

Sebagai gantinya Anda dapat merencanakan kuliner di tempat biasa dan bukan tempat yang khusus. Begitupun sebaliknya jika niatnya bepergian untuk berburu kuliner, maka kurangilah anggaran untuk mengunjungi tempat wisata yang membutuhkan biaya mahal.

4. Berencana berlibur di daerah lokal atau sekitar

Jika anggaran Anda terbatas hanya untuk bepergian dan wisata di daerah sekitar, maka ini lebih baik. Salah satu penghematan yang paling disarankan adalah tidak jajan di luar, Anda bisa memasak makanan sendiri dan membawanya ketika jalan-jalan.

Atau jika ingin tetap jajan di luar, carilah lokasi warung atau tempat makan yang harganya murah, beberapa restoran terkadang juga menawarkan diskon khusus untuk jam makan tertentu seperti makan siang, manfaatkanlah kesempatan ini.​


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.