Sukses

PLN Beri Kado Tahun Baru untuk 9 Desa di Kalsel

PLN anggarkan investasi Rp 4,4 miliar untuk mengalirkan listrik di sembilan desa di Kalimantan Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) memberi kado tahun baru, berupa penyambungan listrik kepada sembilan desa di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Provinsi tersebut telah menanti listrik selama lebih dari 25 tahun.
‎
General Manager PLN Kalselteng, Purnomo mengatakan, PLN Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN Kalselteng) memberikan kado manis penghujung tahun 2016.

Kesembilan desa tersebut adalah Desa Anjir Handil Manting, Kecamatan Anjir Muara, Desa Handil Aji, Desa Tinggiran Baru 1 dan Desa Tinggiran Baru 2 di Kecamatan Mekarsari, Desa Bahandang, Desa Karang Bunga, Desa Semangat Dalam, Desa Tebing Rimbah Raya di Kecamatan Mandastana dan Desa Pantang Raya, Kecamatan Tabukan.

‎"Keberhasilan PLN untuk melistriki desa-desa yang belum berlistrik dalam program listrik desa tersebut merupakan bentuk komitmen nyata PLN untuk terus mewujudkan cita-cita menuju Kalimantan Terang. Pada tahap pertama ini, total lebih dari 250 Kepala Keluarga (KK) resmi dialiri listrik," kata Purnomo, di Jakarta, seperti ditulis Minggu (1/1/2017).

Purnomo menuturkan, untuk melistriki sembilan desa tersebut, PLN  menggelontorkan investasi lebih dari Rp 4,4 miliar. Dana itu guna membangun Jaringan Tengangan Menengah (JTM) sepanjang 7,25 kilo meter sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 10,24 kms, 3 buah Trafo dengan kapasitas 100 kilo Volt Ampere (kVA) dan 7 Trafo berkapasitas 50 kVA.

Purnomo menjelaskan, secara total PLN berhasil melistriki 61 desa di Kalimantan Selatan dan 51 desa di Kalimantan Tengah pada akhir 2016. Jadi secara keseluruhan 112 desa di Kalimantan Selatan dan Tengah saat ini telah dapat menikmati listrik secara penuh dari PLN.

Untuk menjaga keandalan suplai listrik, diperlukan partisipasi bersama masyarakat untuk saling menjaga aset jaringan kelistrikan. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah memangkas pohon yang hampir menyentuh jaringan listrik, agar suplai listrik tidak terganggu.

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan listrik untuk kegiatan produktif sehingga secara langsung dapat berdampak terhadap perekonomian. Tak lupa saya juga mengajak semua masyarakat untuk tetap melaksanakan budaya hemat listrik, agar manfaat listrik dapat dinikmati oleh anak cucu kita kelak," ujar dia.

Tak hanya masyarakat yang menyambut hadirnya listrik, Bupati Barito Kuala, H. Hasanuddin Murad mengungkapkan perasaan bahagia yang luar biasa saat meresmikan penyalaan listrik pertama kali di Desa Anjir Handil Manting, Kecamatan Anjir Muara. Ia bersyukur dengan hadirnya listrik pastinya akan memberikan dampak peningkatan perekonomian masyarakat.

"Luar biasa komitmen dan kerja nyata yang ditunjukkan PLN, tak tanggung-tanggung, 9 desa hari ini resmi menikmati listrik secara penuh. Upaya dari PLN ini sangat berarti bagi masyarakat, karena listrik adalah kebutuhan dasar bagi mereka semua," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.