Sukses

Ini Cara Mengontrol Utang dan Tagihan Bertumpuk

Setiap orang punya sikap yang berbeda dalam menghadapi utang dan tagihan. Ada yang sangat terencana dan ada yang senang menunda.

Liputan6.com, Jakarta Pernah merasa gelisah karena lupa membayar tagihan kartu kredit padahal sudah jatuh tempo. Atau tidak bisa tidur karena cicilan belum lunas padahal keuangan semakin menipis?

Setiap orang punya sikap yang berbeda dalam menghadapi utang dan tagihan. Ada yang sangat terencana dan ada yang senang menunda. Sikap menunda-menunda inilah yang menyebabkan bunga semakin tinggi sehingga utang semakin menumpuk.

Ingin tahun 2017 bebas utang? Ini cara mengontrol utang dan tagihan yang bertumpuk, mengutip cekaja.com, Minggu (1/1/2017)

Analisis

Istilah menganalisis utang memang terkesan berat dan membosankan. Padahal hal ini tidak serumit yang Anda bayangkan. Anda hanya perlu duduk, mempelajari tagihan yang datang setiap bulan, bon-bon pembelian, serta tabungan di rekening bank.

Ketika Anda memahami ke mana saja uang Anda lari, Anda bisa memutuskan mana pengeluaran mana yang bisa ditekan, mana yang tidak penting, dan mana yang bisa dihilangkan. (Baca juga: Sepele, Tapi Bikin Bangkrut dan Gagalnya Resolusi Keuangan Tiap Tahun)

Membuat prioritas

Kembali ke lembar tagihan, langkah selanjutnya setelah menganalisis pengeluaran adalah menghitung pengeluaran untuk cicilan rumah, transportasi, listrik dan air, serta kebutuhan sehari-hari. Hal-hal tersebut merupakan prioritas utama yang wajib dibayar.  Kemudian baru pengeluaran lain seperti hiburan, pakaian, dan kebutuhan bersosialisasi.

Ketika utang sudah menumpuk, stop menggali

Kalau Anda hanya mengandalkan hidup dari gajian ke gajian berikutnya tanpa penghasilan tambahan, saatnya untuk berhenti belanja yang tidak penting. Memang susah menahan diri untuk tidak nonton bioskop, berhenti minum kopi di kafe favorit, dan tidak pergi ke mal.

Tapi bukan berarti Anda tidak bisa bersenang-senang. Anda masih bisa menghabiskan waktu bersama teman dengan menonton DVD atau memasak di rumah.

Segera lunasi utang kartu kredit

Bunga kartu kredit yang dihitung harian bisa mencekik. Semakin lama menunda pembayaran, semakin mahal denda dan bunga yang harus dibayarkan. Kalau Anda punya beberapa kartu kredit, prioritaskan membayar tagihan yang paling besar dengan bunga paling tinggi.

Membayar secara otomatis

Masalah klasik setiap orang dengan banyak tagihan adalah lupa tenggat waktu. Untuk mengatasi masalah ini, coba buat pengaturan autodebet sehingga tagihan-tagihan seperti listrik, TV kabel, telepon, bisa terbayar otomatis.

Negosiasi utang

Jangan panik dulu kalau Anda digempur oleh tumpukan tagihan. Faktanya, sebenarnya Anda bisa melakukan negosiasi utang sendiri. Entah itu dalam bentuk keringanan bunga, perpanjangan tenor, bahkan keringanan tagihan. (Baca juga: Ini Caranya Agar Cicilan Utangmu Makin Ringan)

Memonitor kemajuan
Sudah menerapkan cara-cara di atas? Saatnya untuk memonitor seberapa jauh kemajuan yang sudah Anda capai. Dengan demikian Anda akan tahu berapa banyak yang dibutuhkan untuk membayar setiap tagihan. Ketika utang Anda sudah lunas, Anda bisa memonitor tabungan serta investasi.(Nrm/Ndw)






* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini