Sukses

Top 3: BI Minta Setop Isu Miring soal Rupiah Baru

Simak rangkuman 3 berita paling dicari. Salah satunya imbauan BI soal uang rupiah baru.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang rupiah pecahan baru pada Desember kemarin. Terdapat 11 pecahan  baru dengan latar belakang 12 wajah pahlawan.

Masyarakat menyambut baik kehadiran pecahan baru rupiah ini. Namun, di sisi lain turut muncul berbagai isu mengiringi kehadirannya. Seperti misalnya kemiripan dengan mata uang negara lain maupun adanya gambar yang diduga mirip palu arit di uang tersebut.

BI pun meradang dan meminta penyebar isu negatif tentang rupiah menghentikan aksinya. Artikel ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis.

Simak rangkuman tiga berita paling dicari. Salah satunya imbauan BI soal uang rupiah baru, Senin (2/1/2017):

1. Bisa Ganggu Ekonomi, BI Minta Setop Isu Miring soal Rupiah Baru

Bank Indonesia (BI) meminta kepada pihak yang selama ini masih saja mengembuskan isu miring tentang uang rupiah baru di dunia maya, khususnya media sosial, untuk menghentikan aksinya.

Kepala Kantor Perwakilan BI Bengkulu Endang Kurnia Saputra menilai, jika isu miring tersebut terus berlangsung maka akan berdampak kepada perekonomian Indonesia secara luas."Ini sudah bertubi-tubi menyerang kami, tolong hentikan," ujar dia di Bengkulu, seperti dikutip Minggu (1/1/2017).

Pihaknya mencatat ada lima isu yang diembuskan pihak tak bertanggung jawab. Pertama terkait gambar yang diduga mirip palu arit. Perihal ini ia memastikan gambar tersebut sangat tidak mirip dengan lambang salah satu partai terlarang. Sebab desain gambar saling isi atau rectoverso itu merupakan salah satu pengaman yang dirancang untuk menghindari pemalsuan. Berita selengkapnya di sini.

2. Tak Mau Rugi? Jangan Pernah Beli 5 Barang Ini pada Januari

Mengawali momen awal tahun, Januari sering dimanfaatkan orang untuk berbelanja barang kebutuhan yang diperlukan. Hawa liburan yang masih terasa membuat pusat perbelanjaan ramai dengan orang yang berburu barang dengan penawaran terbaik.

Walau begitu, ada beberapa barang yang disarankan tidak Anda beli saat awal tahun. Hal tersebut dikarenakan Anda bisa mendapat harga lebih terjangkau di waktu liburan yang lain.

Berikut lima barang yang tidak seharusnya Anda beli pada Januari seperti dilansir dari cheatsheet.com, Minggu (1/1/2017). Berita selengkapnya di sini.

3. 4 Cara Anda Habiskan Uang Saat Liburan

Liburan merupakan hal yang sangat dinanti-nanti oleh semua orang, terutama jika itu adalah libur tahun baru. Uang bonus turun, dapat berkumpul bersama keluarga, dapat pergi ke mana pun sesuka hati untuk menghilangkan penat, tentu menyenangkan bukan?

Akan tetapi, begitu waktu liburan telah usai, Anda menyadari kalau uang makin menipis. Kemudian Anda menyadari dan menyesali  Anda telah menghambur-hamburkan begitu banyak uang saat liburan. Tentu Anda tak mau bukan?

Lalu, sebenarnya hal apa saja yang membuat Anda menyia-nyiakan uang? Melansir laman money.usnews.com, Minggu (1/1/2017), berikut empat cara Anda menyia-nyiakan uang saat liburan. Berita selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini