Sukses

Mau Kerja Lebih Produktif? Dengarkan 5 Tipe Musik Ini

Untuk bisa lebih mudah menghadapi situasi kerja, ternyata membutuhkan jenis musik yang berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta - Musik sering dipakai orang untuk bisa mendorong semangat mereka ketika bekerja. Ternyata hal ini memang benar adanya. Banyak penelitian yang mengungkap musik bisa meningkatkan produktivitas kerja. Namun tidak semua musik bisa melakukan hal ini.

Situasi kerja tertentu ternyata membutuhkan jenis musik yang berbeda-beda. Melansir laman lifehack.org, Selasa (3/1/2017) setidaknya ada lima jenis musik yang bisa membuat Anda makin produktif kerja. Berikut ulasannya

1. Musik klasik

Riset membuktikan musik klasik memiliki manfaat menenangkan tubuh dan pikiran. Walau mungkin tidak begitu signifikan, musik ini bisa memperlambat denyut nadi dan jantung, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan hormon stres. Dari riset yang sama, terbukti musik klasik membantu siswa sekolah suster menghindari letih akibat terlalu keras bekerja.

2. Musik instrumental

Untuk kerja repetitif yang membutuhkan fokus namun tidak membutuhkan fungsi kognitif tinggi, musik yang energetik namun repetitif terbukti bisa menyelaraskan kecepatan kerja Anda. Selain itu musik jenis ini meningkatkan perhatian dan fokus Anda

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Musik bersemangat

3. Musik bersemangat

Banyak musik yang memakai irama bersemangat sebagai dasar pembuatan lagunya. Musik ini juga banyak dipakai orang agar lebih terpacu dalam bekerja.

Riset yang dikonduksikan pada 2005 dalam jurnal Psychology of Music membuktikan emosi positif yang dihasilkan oleh musik yang empowering bisa mempengaruhi cara material kognitif diorganisasi dan membantu kretifitas pekerja.

4. Musik video gim

Percaya atau tidak, musik video gim ternyata bisa dijadikan musik penyemangat kala bekerja. Musik ini memang didesain untuk bisa membuat orang lebih bersemangat sama halnya ketika Anda bermain sebuah gim.

5. Musik relaksasi

Selain dibuat khusus untuk keperluan meditasi, musik jenis ini juga bisa membantu Anda menyelesaikan pekerjaan. Sama halnya dengan suara di alam bebas, musik relaksasi ini bisa membuat Anda merasa lebih tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.