Sukses

Kunjungi RI, PM Jepang Akan Sepakati Perjanjian 3 Proyek Besar

Kunjungan PM Jepang Shinzo Abe akan diterima langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dijadwalkan menggelar kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada pertengahan bulan ini. Kunjungannya akan diterima langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Jawa Barat.

Rencana kedatangan PM Abe diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan usai menghadiri sidang kabinet paripurna di Istana Bogor.

"Mengenai beberapa kerja sama dengan Jepang, nanti tanggal 15 (Januari) Perdana Menteri Abe akan ke Indonesia, diterima di Istana Bogor," kata Luhut, Rabu (4/1/2017).

Luhut mengungkapkan PM Abe akan menandatangani beberapa perjanjian proyek besar di Indonesia. Proyek tersebut antara lain terkait pembangunan Blok Masela, Kereta Jakarta-Surabaya, dan Pelabuhan Patimban.

Terkait proyek kereta Jakarta-Surabaya, Luhut memaparkan, nantinya akan ada pendandatanganan mengenai pelaksanaan joint study perihal proyek tersebut.

Untuk proyek ini, Luhut mengaku pemerintah tengah melakukan finalisasi pengenai mekanisme pendanaan. Pastinya, pembangunan proyek ini memakai skema secara Public Private Partnership (PPP).

Sementara untuk Blok Masela, akan ada kepastian hitam di atas putih mengenai besaran belanja modal (capex) yang diperlukan dan mekanisme pengembangan dalam jangka panjang.

‎"Pembangunan Pelabuhan Patiban, itu nilainya hampir US$ 3 miliar juga sudah rampung, tinggal eksekusi. Pembebasan tanah kita sudah mulai bulan ini. Kita harap nanti kunjungan PM Shinzo Abe tanggal 15 di istana Bogor akan dibikin announce‎," ujar Luhut. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.