Sukses

Usai Belasan Tahun, Ekonomi RI Kini Tumbuh Lebih Berkualitas

Kualitas pertumbuhan ekonomi bisa dilihat dari angka yang meningkat, disertai penurunan angka kesenjangan sosial dan kemiskinan.

Liputan6.com, Bogor - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2016 cukup berkualitas jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Bahkan, menurut Darmin, pencapaian yang ditorehkan sepanjang 2016 tak pernah dicapai‎ pemerintah sebelumnya selama belasan tahun.

Kualitas [pertumbuhan ekonomi]( 2694605 "") itu, Darmin memaparkan, bisa dilihat dari angka yang meningkat, disertai penurunan angka kesenjangan sosial dan kemiskinan.

"Pertumbuhan ekonomi kita berjalan terjadi walau tidak terlalu tinggi, bersama dengan tingkat pengangguran yang turun, kemiskinan turun dan distribusi pendapatan yang baik. Selama belasan tahun terahir dia tidak pernah terjadi dengan arah yang diharapkan secara bersama-sama," papar Darmin di Istana Bogor, Rabu (4/1/2017).

Untuk melanjutkan tren positif ini, Darmin mengaku, mendapatkan perintah khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk terus memperbaiki berbagai indikator kualitas dan daya saing Indonesia tersebut.

Darmin menambahkan, untuk memastikan itu, Presiden meminta adanya studi secara detail mengenai pembangunan infrastruktur di berbagai daerah apakah menjadi faktor penentu.

"Presiden juga mengingatkan, minta untuk dikembangkan, bahwa ada beberapa sektor ekonomi yang pertumbuhannya tidak besar, tapi perannya di ekonomi besar, itu pertumbuhan dia sangat pengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional kita. Itu industri manufaktur, sektor pertanian, perdagangan, konstruksi, yang penting sekali dijaga‎," tambah Darmin. (Yas/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.