Sukses

Mau Kaya? Setop Kebiasaan Habiskan Uang Lewat Cara Ini

Apakah kamu termasuk orang yang susah menahan diri untuk tidak berbelanja saat pegang uang, ingin berubah tapi rasanya sulit.

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu termasuk orang yang susah menahan diri untuk tidak berbelanja saat pegang uang, ingin berubah tapi rasanya sulit. Tahun sudah berganti, pasti kamu ingin jadi lebih baik lagi kan? terutama dalam hal mengelola keuangan.

Situs Rosebankkillarneygazette memberi solusi bagaimana cara agar kamu bisa menjadi orang yang tidak boros dan selalu menghamburkan uang jika sudah pegang duit di tangan.

Jika sementara ini kamu berada pada situasi keuangan yang tampak suram, ada dua cara untuk menjaga keuangan tetap stabil dan terbebas dari utang sepanjang tahun, yakni dengan menggunakan lebih banyak uang atau menghabiskan lebih sedikit.

Mencari pekerjaan baru dengan gaji yang lebih baik pun belum tentu berhasil, tetapi menghabiskan banyak uang bisa dilakukan oleh banyak orang. Laman tersebut menyebutkan bahwa kebanyakan orang sering menghabiskan uang untuk barang-barang yang tidak perlu dan sebenarnya hal ini bisa disiasati misalnya dengan mempertimbangkan memotong biaya yang rutin dikeluarkan.

Salah satu contoh lain adalah jika hobi membaca, maka kebiasaannya membeli buku, jika kamu terbiasa membeli buku di toko ternama untuk koleksi. Maka mulai sekarang pertimbangkanlah untuk membeli buku di kios buku pasar, karena kamu pasti jauh mendapatkan harga yang lebih murah, atau cari alternatif lain seperti meminjam di perpustakaan atau teman, ini pun akan lebih hemat.

Selain itu tagihan rutin bulanan yang harus dibayar seperti TV, gym, iuran listrik dan air, bisa lebih diminimalisir dengan cara menghematnya.

Daripada menghabiskan uang pada hal-hal yang kurang bermanfaat dan tidak memiliki nilai, pertimbangkan untuk menyimpannya di tabungan atau investasi, aset tersebut akan bisa meningkatkan nilai uang yang kamu punya selama bertahun-tahun, dan membantu mengamankan masa depan yang stabil dan nyaman.

Berikut ini beban lain-lain yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipangkas agar tidak boros:

1. SMS dan panggilan telepon

Hindari menggunakan sms dan panggilan telepon jarak jauh, kamu sekarang bisa jauh lebih bisa berhemat dengan menggunakan aplikasi gratis untuk mengirim pesan atau telepon lewat aplikasi pesan seperti WhatsApp atau BBM.

2. Mobil

Membeli mobil baru secara periodik adalah pemborosan, dan parahnya jika dibeli dengan cara menyicil, hal ini justru akan membuat kamu semakin banyak berutang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecanduan Fashion


3. Kecanduan fashion

Perbaiki kecanduan fashion, khususnya bagi wanita, biasanya saat pergi ke mall melihat ada baju atau sepatu bagus pasti tangan akan gatal ingin membeli apalagi jika ada tawaran diskon, maka hobi berbelanja pun sulit dielakkan. Karenanya di tahun ini ubahlah kebiasaan itu, kamu harus buat resolusi agar niat berhemat bisa terealisasi.

 
4. Menghentikan layanan berbayar langganan yang jarang digunakan

Beberapa langganan secara otomatis akan memperbaharui biayanya setiap tahun, padahal sebenarnya kamu pun tidak terlalu membutuhkannya. Seperti tv kabel, fitnes bulanan, dan lainnya.

Jika memang tidak digunakan sebaiknya konfirmasi agar tidak dilakukan pembaruan otomatis yang akan memotong uang kamu dengan sendirinya, atau jika perlu hentikan layanan berbayar yang memang jarang kamu gunakan.

Pinjam alat dan peralatan jika butuh: Jika kamu suatu waktu memerlukan satu alat untuk satu pekerjaan yang jarang atau tidak pernah dilakukan, jangan langsung membeli alat tersebut, akan lebih baik kamu usaha meminjam atau menyewa dengan orang yang sudah punya alatnya, jadi kamu tidak perlu boros membeli barang atau alat yang hanya sekali pakai saja.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini