Sukses

Lewat e-Commerce, BNI Ingin Pemasaran UKM di Kota Batu Naik Kelas

Produk agro asli Kota Batu perlu meningkatkan level pemasarannya dari yang konvensional ke digital melalui e-commerce.

Liputan6.com, Malang - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu di Malang Jawa Timur bersama PT Bank Negara Indonesia (BNI) meluncurkan situs e-commerce khusus untuk produk agro bernama Agrosegar.com. ‎

Situs ini akan mempromosikan dan memasarkan produk-produk agro yang dihasilkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto mengatakan, ‎Agrosegar.com ini‎ merupakan e-commerce yang akan memberikan ruang lebih luas kepada para pelaku UKM produk agro khas Kota Batu.

BNI menyediakan market place sehingga Pemkot Batu tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk membangun situs e-commerce seperti ini.

"Ini merupakan bentuk usaha untuk berikan ruang yang lebih besar bagi para pelaku UKM produk agro khas Kota Batu. Sebagai bentuk keterbukaan dan pengembangan, Pemerintah Kota Batu kerjasama dengan BNI dalam penyediaan market place berbasis digital," ujar dia di Malang, Jawa Timur, Kamis (5/1/2017).

Dia mengatakan, produk agro asli Kota Batu perlu meningkatkan level pemasarannya dari yang konvensional ke digital melalui e-commerce semacam ini. Hal tersebut ‎telah dilakukan kota-kota lain di Indonesia.

"E-commerce ini untuk produk-produk khusus pertanian dari UKM batu dan sekitarnya‎. Batu merupakan kota ke-5 yang kerja sama dengan BNI. Sebelumnya sudah ada Banyuwangi, Sleman, Cilacap Banjar Baru, dan akan menyusul pemda-pemda lain," kata dia.

‎Menurut Suprajarto, di era digital seperti saat ini, e-commerce merupakan salah satu strategi yang ampuh untuk memajukan UKM lokal. Melalui e-commerce, akan ada wadah yang mempertemukan antara penjual, distributor dan pembeli.

"Sekaligus mengintegrasikan jasa pengiriman dan perbankan. Dengan ini, Pemda tidak perlu keluarkan dana untuk bangun infrastruktur dan UKM bisa memperluas pasarnya," kata dia.

Selain itu, BNI juga menggandeng BUMN lain seperti PT Telkom, PT Pos dan bank BUMN lain yang menjadi anggota Himbara untuk membantu jalannya e-commerce semacam ini.‎

"Kita kerja sama dengan telkom melalui Blanja.com, PT Pos untuk pengiriman dan logistik. ‎Dan telah ada komitmen dari Himbara dimana seluruh bank siap aplikasikan ini di setiap pemda‎," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini