Sukses

Wall Street Bergerak di 2 Arah, Nasdaq Dekati Rekor Tertinggi

Liputan6.com, New York - Wall Street bergerak di dua arah pada penutupan perdagangan Kamis (Rabu pagi waktu Jakarta). Indeks Nasdaq menguat dan dekati rekor tertinggi yang pernah dicapai. Sebaliknya, Indeks S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average (DJIA) justru terpeleset.

Mengutip Reuters, Jumat (6/1/2017), Nasdaq Composite naik 0,2 persen dan berakhir di level 5.587,94. Level tersebut hanya kurang 1 poin dari rekor tertinggi yang pernah dicetak pada 27 Desember lalu.

Sedangkan DJIA kehilangan 0,21 persen dan berakhir pada level 19.899,29. Tak berbeda jauh, untuk S&P 500 juga melemah 0,08 persen menjadi 2.269.

Pendorong penguatan indeks Nasdaq adalah adalah saham dari Amazon.com. Sementara, saham yang membebani indeks acuan tersebut adalah saham-saham dari perusahaan department store seperti Macy dan Kohl.

Sejak Donald Trump resmi memenangkan pemilu Amerika Serikat (AS), Wall Street terus bergerak menguat. Penguatan ini karena banyak pelaku pasar memberikan tanggapan positif kepada janji-janji kampanye Trump.

Selama masa kampanye memang Trump menjanjikan banyak rangsangan bagi pertumbuhan ekonomi dengan pemotongan pajak dan belanja infrastruktur.

Namun penguatan di Wall Street tertakan dalam beberapa hari terakhir. Alasannya, pelaku pasar kembali melihat fundamental dari perusahaan dan juga lebih memilih untuk menunggu janji-janji kampanye Trump direalisasikan.

"Pasar tertekan karena satu alasan. Menunggu konfirmasi dari Washington dan agenda Trump," jelas managing director for investments U.S. Bank, Florida, AS, Jeff Zipper.

Lebih lanjut, beberapa saham department store mengalami tekanan karena hasil dari penjualan pada musim liburan ternyata tidak sesuai denga prediksi awal.

Saham Macy turun 13,89 persen sementara saham Kohl merosot 19,02. Sebaliknya, saham Amazon.com justru menguat 3,07 persen. (Gdn/Ndw)

Artikel Selanjutnya
Wall Street Menguat dengan Indeks Dow Cetak Rekor
Artikel Selanjutnya
Wal-Mart dan Home Depot Dorong Wall Street Cetak Rekor Tertinggi