Sukses

Waspadai Jika Dapat Tawaran Kerja Seperti Ini

Sejumlah perusahaan bahkan menjadikan lowongan pekerjaan sebagai modus penipuan.

Liputan6.com, Jakarta - Mencari kerja bukanlah hal sulit di era ini, tapi tak semua peluang yang ditawarkan benar adanya. Sebagian perusahaan bahkan menjadikan lowongan pekerjaan sebagai modus penipuan.

Persaingan antar kandidat menjadi salah satu sebab seseorang memutuskan mengambil tawaran kerja tanpa berpikir panjang. Nah, agar tidak terjebak dalam situasi ini, berikut 7 hal yang patut Anda waspadai ketika mendapatkan tawaran pekerjaan seperti dikutip dari Karir.com:

1. Cara komunikasi yang kurang sopan

Pernahkah Anda menerima tawaran kerja melalui pesan singkat dengan bahasa yang tidak formal? Mungkin Anda harus berhati-hati dengan penawaran tersebut.

Karena penawaran kerja resmi akan memberikan sinyal atau tanggapan dengan bahasa resmi yang biasanya dilakukan via telepon atau email.

2. Pekerjaan tidak sesuai dengan posisi yang ditawarkan

Di iklannya nawarin jadi admin, saat datang langsung ke perusahaannya justru dijadikan sales. Pernah mengalami hal ini? Tidak ada salahnya Anda mengambil tawaran ini kalau Anda memiliki minat seperti posisi yang dibutuhkan. Tapi coba pertimbangkan lagi, awalnya saja sudah bohong, bagaimana nantinya?

3. Reputasi perusahaan negatif

Sebelum menerima tawaran pekerjaan, ada baiknya Anda mencari tahu reputasi perusahaan tersebut. Ini dapat meminimalisir adanya kekecewaan di kemudian hari, karena apa yang ditawarkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

 4. Suasana kantor kurang ramah

suasana kantor kurang ramah.jpgMengapa suasana kantor penting untuk Anda pikirkan? Karena sebesar apapun gaji Anda, kalau Anda tidak nyaman dengan suasana kantornya akan memberi dampak negatif di kemudian hari.

Jadi, Anda berhak tahu di awal perkenalan, seperti apa suasana kantor tersebut, apakah tipe yang berkubu atau kekeluargaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gaji tidak sepadan



5. Gaji tidak sepadan

Saking senangnya mendapat tawaran pekerjaan, sampai lupa memikirkan hal krusial dalam menerima suatu pekerjaan yaitu gaji.  Umumnya, sebagian fresh graduate meminta UMR (Upah Minimum Regional) sebagai patokan gaji pada masa awal kariernya. Tapi, pertimbangkan juga tugas dan resiko pekerjaannya, jika sesuai, maka tawaran pekerjaan ini layak Anda ambil.

6. Kontrak kerja tidak jelas

Jangan terima tawaran pekerjaan dengan kontrak kerja tidak jelas! Percuma saja Anda menjalani suatu pekerjaan yang tidak jelas ke depannya akan seperti apa. Di manapun Anda melamar pekerjaan, pastikan ada kontrak kerja yang jelas di dalamnya.

7. Tidak ada jenjang karier

Sejak duduk di bangku sekolah kita sudah diajarkan untuk naik kelas, begitu pun saat sudah bekerja, pastinya kita menginginkan posisi yang tidak stagnan.

Jenjang karier inilah yang akan membuat kita lebih berkembang. Jadi, pilihlah perusahaan yang dapat memberikan ruang berkembang untuk diri Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.