Sukses

Terapkan 4 Aturan Ini untuk Bangun Kesuksesan Karier

Untuk mencapai kesuksesan, seseorang tidak langsung mendapatkannya tapi banyak hal yang harus dilalui.

Liputan6.com, Jakarta - Kesuksesan karier seseorang biasanya dimulai ketika ia telah memiliki pola pikir akan sukses. Sukses bukan saja hanya takdir yang menentukan tapi sukses juga adalah proses perjalanan yang harus dilalui seseorang.

Sudah banyak kisah perjalanan orang-orang sukses yang didokumentasikan. Untuk mencapai kesuksesan, mereka pun tidak langsung mendapatkannya, banyak hal yang harus dilalui.

Setiap perjalanan menuju sukses ada keunikan masing-masing. Laman forbes memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika ingin membangun karier yang sukses:

1. Buat rencana sukses

Sebuah rencana yang sederhana terdiri dari tiga bagian: awal, konten dan akhir. Ini adalah salah satu tips yang paling berharga untuk membangun karier yang sukses. Anda juga perlu mendefinisikan tujuan Anda. Ada sebuah pedoman yang bisa diterapkan dalam membangunnya yakni SMART: Specific (spesifik), Measurable (terukur), Attainable (pencapaian), Realistic (realistis), dan Time based (berdasar waktu).  

Berikut ini adalah cara sukses sederhana jika ingin menargetkan pekerjaan dengan gaji tinggi. Pertama, targetkan pekerjaan di suatu bidang tertentu dan fokus ke pilihan Anda.  Hindari berpikir ingin bekerja di bagian kesehatan atau bekerja di bagian keuangan, tapi fokuskan di salah satu bidang tertentu seperti di kesehatan (perawat, dokter, dll) atau bekerja di keuangan (akunting, pembukuan, atau administrasinya).

Kedua, pertimbangkan untuk melanjutkan di tahap jenjang pendidikan. Pilihlah pendidikan yang Anda minati di satu bidang tertentu, khususnya bidang pendidikan yang jarang ditekuni banyak orang, karena hal ini cenderung lebih dibutuhkan di dunia kerja.

Ketiga, bekerjalah minimal dua sampai tiga tahun di sebuah pekerjaan, karena inilah yang bakal jadi pengalaman saat Anda bekerja nantinya, sehingga memudahkan Anda juga untuk membangun strategi dan program kerja ke depan.

Terakhir, pahamilah bagaimana strategi pencarian kerja yang akan Anda gunakan jika akan mencari pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaan sebelumnya. Anda harus punya perencanaan dan persiapan saat ingin maju dalam berkarier.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunjukkan Rasa Syukur

2. Tunjukkan rasa syukur

Bila telah sukses sukses, Anda setidaknya mau berbagi dengan orang lain, berbagi bukan hanya soal materi, namun juga berbagi pengalaman dan ilmu kepada rekan kerja atau junior Anda, hal ini sebagai bentuk rasa syukur. Dengan memberi biasanya orang justru akan semakin sukses.   

3. Kelola sumber daya Anda dengan bijaksana

Ini adalah salah satu tips yang paling umum untuk membangun karier yang sukses, memang hal ini mudah diucapkan daripada dilakukan.

Sumber daya, termasuk uang, waktu dan tenaga saat bekerja. Jika  Anda bisa menyeimbangkan sumber daya yang dimiliki, maka yakinlah waktu dan kegiatan yang Anda lakukan menjadi produktif. Beri juga contoh yang baik kepada orang lain.

Misalnya tidak pernah datang terlambat saat rapat dan sudah mempersiapkan segalanya dengan baik. Namun jika Anda telat datang, biasakan juga untuk selalu meminta maaf yang sopan kepada rekan yang telah menunggu. Hal ini menunjukkan profesionalitas yang Anda miliki.

4. Terhubung dengan diri sendiri dan orang lain secara teratur

Kadang-kadang, ketika Anda benar fokus pada tujuan, Anda bisa mengalami konsekuensi hubungan yang tidak sehat dengan orang-orang di sekitar. Situasi ini bisa menjadi tidak baik.

Contohnya ketika Anda ingin menegur salah satu klien pada saat rapat atau pertemuan besar karena mereka tidak menunjukkan kemajuan dan perkembangan dalam bekerja sama, sebaiknya jangan tegur di depan umum, tapi bicarakanlah secara personal dengan tim kecilnya atau orang yang bersangkutan langsung. Hal ini demi menghindari ketidakharmonisan dengan yang lainnya.

Biasanya jika Anda punya masalah dengan yang lain dan ditampakkan secara umum, maka sebagian besar dari klien mereka pun akan memiliki pemikiran sama dengan Anda. Jangan biarkan hal ini sampai terjadi. Hargailah setiap rekan yang bekerjasama dengan Anda.

Ciptakan ruang dan waktu yang baik dengan menghindari permusuhan dan ketidakpedulian terhadap orang lain. Buatlah diri Anda sehat, baik tubuh, jiwa dan roh. Hadiah terbesar yang dapat bisa diberikan kepada orang-orang adalah pemikiran Anda yang selalu sehat.

Terakhir, berkumpullah dengan orang-orang yang bisa mendorong dan membuat Anda jadi lebih baik, dan jauhilah orang-orang yang bisa memberi pengaruh buruk bagi Anda, sehingga Anda pun bisa melanjutkan hidup dengan lebih baik pula.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini