Sukses

5 Cara Ampuh untuk Hidup Mandiri Secara Finansial

Dalam sebuah kehidupan, seseorang akan mencapai fase di mana semua hal harus dilakukan sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebuah kehidupan, seseorang akan mencapai fase di mana semua hal harus dilakukan sendiri.  Menjadi mandiri memang tidak mudah, tetapi merupakan keharusan, terutama bila ingin menjalani hidup tanpa tergantung pada orang lain.

Menjadi pribadi yang mandiri secara finansial misalnya membutuhkan kesiapan khusus.  Anda bukan hanya harus bisa mengatasi segala hal yang berhubungan dengan keuangan, tetapi juga bisa meyakinkan kalau kondisi finansial Anda akan bertahan hingga waktu lama.

Nah, berikut lima cara ampuh dari HaloMoney.co.id untuk bisa mandiri secara finansial, seperti ditulis Minggu (8/1/2017):

1. Cari pekerjaan

Mendapatkan pekerjaan dan gaji setiap bulannya merupakan tahapan penting untuk bisa mandiri secara finansial. Anda bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan, atau lebih super lagi kalau mendapatkan gaji yang lumayan besar dari pekerjaan itu.

Bila pekerjaan sudah ditangan, maka Anda akan mudah mengatur hidup Anda dan rencana keuangan ke depan. Termasuk rencana investasi, menabung, berasuransi dan lain-lain.

2. Hindari ketergantungan pada orang tua

Ternyata masih ada orang yang meskipun sudah bekerja tetapi masih mengandalkan orang tua soal finansial. Alasan soal gaji yang kecil dan tidak cukup menjadi penyebab mengapa bantuan orang tua tetap dibutuhkan. Padahal menjadi mandiri adalah lepas dari beban orang tua yang selama ini mensubsidi Anda.

Baiknya Anda kurangi ketergantungan ini dan mulailah mengatur keuangan sendiri. Bukannya tidak masalah gaji kecil, selama Anda bisa mengaturnya dengan baik?

Baca juga: 4 Hal Yang Harus Kamu Tinggalkan untuk Menjadi Pengusaha Sukses!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berpisah....

3. Mulai Tinggal Sendiri

Bila finansial Anda sudah meyakinkan, kenapa Anda tidak belajar hidup mandiri dengan mencari tempat tinggal sendiri?

Ini adalah capaian terbesar kalau Anda sudah siap untuk menyelesaikan semua masalah, termasuk masalah keuangan. Risikonya Anda harus mengatur semuanya sendiri, termasuk membayar ragam kebutuhan di luar pengeluaran Anda selama ini dan tidak membebani orang tua.

Namun seandainya Anda masih ingin tinggal dengan orang tua, Anda bisa juga membantu mereka dengan mengambil bagian dalam pembayaran listrik, air atau belanja kebutuhan bulanan.

4. Punya Tabungan

Maksud dari tabungan di sini yaitu Anda memiliki sejumlah simpanan yang bisa membuat Anda bertahan seandainya ada masalah keuangan. Namanya hidup kan sering sulit ditebak. Jadi baiknya Anda berjaga-jaga dengan uang tabungan.

Menabung memang salah satu cara belajar untuk mandiri secara finansial, karena saat Anda membutuhkan uang, Anda tidak perlu meminjam kesana kemari dan lebih independen.

Baca juga: 16 Film Bioskop Terbaru 2017 yang Wajib Ditonton!

5. Aktif cari tambahan pendapatan

Buat mereka yang mandiri secara finansial, mereka akan mencoba mencari alternatif solusi yang bisa menambah isi dompet mereka. Jadi kalau mendadak mereka jobless atau resign, mereka sudah tidak perlu panik karena masih punya pekerjaan lain yang selalu mensupport kehidupan.

Mulailah membuka mata untuk mencari peluang tambahan disela pekerjaan sekarang. Baik juga menjalankan bisnis bersama teman atau saudara sehingga bisa menambah penghasilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini