Sukses

Apa Saja Manfaat Punya Rekening Tabungan?

Tabungan masih tetap eksis dan menjadi idola investasi berbagai kalangan.

Liputan6.com, Jakarta - Tabungan masih menjadi favorit dan kebutuhan bagi sebagian besar orang, meskipun saat ini sudah muncul berbagai investasi yang ditawarkan untuk alternatif. Tabungan masih tetap eksis dan menjadi idola investasi berbagai kalangan karena bersifat konvesional dan mudah ditemui di seluruh bank Indonesia.

Kecilnya risiko yang didapatkan, membuat orang orang lebih memilih jenis investasi ini, maka tak heran kebanyakan orang memiliki lebih dari satu buku tabungan. Walaupun tabungan banyak diminati dan memiliki banyak pengguna, namun masih saja ada pengguna yang salah membedakan antara rekening bank dan rekening tabungan.

Simple-nya perbedaan dari kedua rekening tersebut terletak pada istilah, rekening bank lebih difungsikan sebagai simpanan dimana sifatnya adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari hari atau kebutuhan bulanan.

Sementara untuk rekening tabungan lebih bersifat penampung, dan digunakan ketika keadaan darurat, persiapan dana liburan dan berbagai persiapan dana lainnya.

Jika kita berbicara soal manfaat manfaat yang bisa kita dapatkan di rekening tabungan, tentunya ada banyak sekali. Dengan memiliki rekening tabungan Anda dapat memanajemen anggaran atau pengeluaran Anda tiap bulannya.

Persiapan dana dan strategi keuangan Anda akan lebih teratur rapi, untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa manfaat memiliki rekening tabungan seperti Cermati.com:

1. Tercipta Kondisi Keuangan yang Lebih Sehat

Manfaat yang satu ini sudah pasti karena setiap Anda melakukan pengeluaran dana yang pasti pertama kali terpikirkan adalah prioritasnya.

Dengan pemikiran tersebut tentunya Anda akan sangat bisa untuk berhemat dan mengurangi pengeluaran tiap bulannya, agar bukan untuk kebutuhan kebutuhan yang tidak penting.

Dengan langkah langkah dan meletakan anggaran di pos masing masing secara tidak langsung Anda sudah melakukan sebuah manajemen keuangan.

2. Menabung jadi lebih aman dari pada investasi

Seperti namanya rekening tabungan memang ditujukan untuk Anda yang benar-benar ingin menabung. Bukan sekadar istilah, tapi benar benar mengartikan menabung.

Rekening tabungan tetap menjamin uang Anda akan tetap utuh dan terus bertambah tergantung seberapa rajinnya anda menabung. Berbeda dengan investasi di mana keuntungan dan pendapatan Anda bisa naik turun.

Untuk keamanan, pastikan anda menabung di bank yang sudah terdaftar pada Lembaga Penjamin Simpanan Indonesia atau disingkat LSI. Karena mereka akan menjamin dana tabungan dari nasabahnya hingga Rp 2 miliar.

Selain itu, dianjurkan untuk anda agar tidak mudah tergiur oleh tawaran pihak non-bank yang menawarkan tabungan yang memiliki bunga hingga berlipat lipat ganda.

Bisa jadi tawaran tersebut adalah palsu alias penipuan karena sudah banyak terjadi dan sudah menjadi virus yang harus dijauhi oleh para nasabah. Jangan sampai keinginan kita menabung dan meraih pendapatan lebih malah menjadi kerugian besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Darurat

3. Selalu Siap Ketika Kondisi Darurat

Khusus manfaat yang satu ini adalah paling penting, karena kesiapan kita di kondisi darurat memang sangat dibutuhkan. Kejadian kejadian yang tidak kita perkirakan akan sangat krusial, jangan sampai kita tidak memiliki dana darurat, karena hal tersebut akan membuat kita menunggak utang.

Saat ini, sudah banyak produk tabungan bank yang lebih difokuskan untuk kebutuhan darurat, lewat fasilitas fasilitas dari bank yang tersedia.

Tidak ada salahnya juga anda menyisihkan sedikit dana tiap menabung untuk kebutuhan darurat. Karena tak ada yang tahu apa yang terjadi besok atau lusa, karena kondisi yang tidak diperkirakan akan datang dengan cepat.

4. Mendapatkan Bunga Setiap Bulannya

Selain kita dapat mengatur perencanaan dan strategi keuangan, dengan rekening tabungan anda pun dapat memperoleh keuntungan lebih. Biasanya bank akan memberikan bunga dan beberapa keuntungan lain pada kurun waktu tertentu.

Namun, jangan berharap banyak pada bunga yang diberikan oleh bank karena jumlahnya terbilang rendah bahkan bisa lebih rendah dari tabungan anda sendiri. Walaupun begitu, tetap saja bunga yang diberikan oleh bank bisa kita jadikan sebagai pendapatan lebih yang menguntungkan.

Dari keempat keuntungan yang dijelaskan di atas tentunya sekarang anda sudah dapat mengira dan memprediksikan manfaat memiliki rekening tabungan.

Anda juga sudah mengetahui tentang perbedaan antara rekening tabungan dengan rekening bank. Jadi, tak perlu diragukan lagi dengan memiliki rekening tabungan akan membuat keuangan anda lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini