Sukses

BI Perkirakan Inflasi Januari Capai 0,7 Persen

Bank Indonesia mewaspadai efek pencabutan subsidi listrik bagi golongan pelanggan 900 VA terhadap inflasi.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi sebesar 0,6-0,7 persen pada 2017. Pengendalian harga pangan diharapkan dapat menekan inflasi.

Gubernur BI Agus Martowardojo belum mendapat informasi terkait inflasi Januari 2017. Namun, dia yakin inflasinya terkendali.

"Saya belum bisa sampaikan tapi biasanya ada informasi hasil pemantauan kita. Kita  mungkin perkiraan inflasi Januari ini bisa di tingkat 0,6-0,7 persen di bulan Januari," kata dia di Mahkamah Agung Jakarta, Jumat (6/1/2017).

Dia mengatakan, pengendalian inflasi saat ini relatif baik. Hal tersebut terlihat dari realisasi inflasi pada Desember tahun lalu.

"Tapi kalau yang di Desember (2016) kita melihat inflasi terkendali dengan baik karena di sistem kita diperkirakan 0,31 persen ternyata inflasinya 0,42 persen. Tetapi dibanding dengan 5 tahun terakhir termasuk rendah di Desember. Jadi Januari belum melihat hasil pemantauan kita," jelas dia.

Namun begitu, dia menuturkan hal yang perlu diwaspadai pada tahun ini ialah efek dari pencabutan subsidi listrik 900 VA. Menurut dia, pencabutan subsidi ini akan memberikan tekanan pada inflasi.

"Jadi 2017 harus waspada adalah terutama subsidi listrik akan dikurangi, harga elpiji, kemudian BBM satu harga yang berdampak inflasi," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini