Sukses

Punya Resolusi Beli Rumah Tahun Ini? Lakukan Hal Ini

Kalau memiliki rumah menjadi salah satu resolusimu di tahun ini, siapkan strategi berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menikah dan membeli rumah merupakan keputusan besar yang butuh persiapan matang. Keduanya juga butuh biaya yang tidak sedikit.

Tapi membeli rumah tidak semudah memilih gedung pernikahan. Anda pasti sepakat kalau harga hunian semakin mahal tiap tahun. Kalau memiliki rumah menjadi salah satu resolusimu di tahun ini, siapkan strategi berikut ini seperti dikutip dari CekAja.com:

Menikah sederhana

Untuk pesta pernikahan di kota besar dengan jumlah tamu 600 orang saja bisa menghabiskan dana minimal Rp 100 juta. Kalau setelah menikah ingin langsung menempati rumah sendiri, bukan tinggal di komplek Mertua Indah atau mengontrak, Anda harus mempersiapkan DP rumah.

Tidak perlu resepsi mewah. Kalau budget pernikahan Anda Rp 120 juta, coba pangkas setengahnya. Dengan Rp 60 juta, Anda bisa membayar DP sebanyak 20 persen dari rumah seharga Rp 300 juta. Semakin besar DP yang Anda bayar, semakin ringan pula jumlah cicilan per bulan. 

Tunda rencana liburan dengan anggaran besar

Setelah menikah pasti inginnya bulan madu ke tempat romantis atau menginap di hotel mewah yang punya paket bulan madu. Di tambah lagi maskapai dan agen perjalanan berlomba-lomba membuat travel fair.

Demi bisa beli rumah di tahun ini, agaknya Anda harus merelakan anggaran liburan untuk menambah-nambah bayar DP. Bukan berarti Anda meniadakan seluruh agenda liburan selama tahun 2017. Liburan pulang pergi tanpa menginap di kota terdekat tetap bisa dilakukan.

Menekan keinginan untuk belanja

Sekarang ini kegemaran belanja tidak hanya milik perempuan saja. Kaum laki-laki pun acapkali tergoda membeli barang elekronik, barang koleksi, dan gadget lewat online. (Baca juga: Punya Rencana Menikah Tahun Ini? Berikut Strategi Membeli Kebutuhan Persiapan Pernikahan)

Ditambah lagi berbagai macam diskon seperti diskon lebaran, natal, tahun baru, akhir tahun, awal tahun, clearance sale, dan lain-lain.

Kalau selama ini anggaran untuk belanja online lebih mahal daripada budget untuk makan, segera hentikan kebiasaan ini demi rumah idaman Anda dengan pasangan. Siap?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pajang foto

Pajang foto rumah idaman untuk memberi motivasi

Inginnya punya rumah dua lantai, minimal tipe 45, dan letaknya strategis? Wah, kalau keinginan Anda seperti ini, berarti uang muka yang dikumpulkan harus semakin besar.

Kalau cuma modal DP 10 persen saja, cicilan per bulannya jadi mahal. Besarnya cicilan memang bisa diakali dengan mengambil tenor lebih panjang. Tapi memangnya Anda siap menyicil rumah hingga 20 tahun?

Supaya tidak ‘kendor’ dalam menabung, pasang foto rumah impian di tempat-tempat yang sering Anda lihat. Misalnya di depan komputer (supaya Anda makin giat bekerja bukannya belanja online), sebagai display ponsel maupun komputer, di kamar, bahkan di kamar mandi. (Baca juga: Punya Resolusi Renovasi Rumah di Tahun 2017? Intip Dulu Inspirasi Desain Rumah dari Film-film Ini)

Kurangi pengeluaran tidak penting

Untuk Anda yang hobinya ngopi-ngopi di kafe atau nonton di bioskop seminggu sekali, coba kurangi kebiasaan ini. Awalnya mungkin terasa berat atau terasa ada yang kurang.

Tapi apakah Anda akan baik-baik saja setelahnya? Tentu saja. Kedua hal tersebut tidak mengurangi kualitas hidup Anda walaupun durasinya dikurangi.

Malahan tabungan Anda bisa semakin bertambah. Yang jelas, punya rumah sendiri di tahun ini bukan mustahil untuk diwujudkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini